Berita > Seputar TKI
Imigrasi Malaysia akan Terus Adakan Operasi PATI Tanpa Henti
23 Mar 2019 23:13:14 WIB | Figo Kurniawan | dibaca 10954
Ket: Kenyataan Media JIM
Foto: FP JIM
Kuala Lumpur, LiputanBMI - Departemen Imigrasi Malaysia (JIM) menegaskan akan terus melakukan operasi terhadap pekerja migran tak berdokumen atau yang biasa diistilahkan Pendatang Asing Tanpa Izin (PATI) serta melakukan langkah-langkah perbaikan untuk mengawal pintu keluar/masuk negara.

Mengutip siaran pers JIM, Jumat (22/3), untuk memastikan Depot Tahanan Imigresen senantiasa berada dalam keadaan siap sedia menampung tahanan dari operasi yang dilakukan tiada henti, JIM telah menjalin kerjasama dengan kedutaan dan wakil negara asal PATI untuk mendeportasi tahanan dengan segera.

JIM juga menyebutkan, dalam kurun waktu antara 1 Januari hingga 21 Maret 2019, dari 4.454 operasi yang dilakukan, pihaknya telah memeriksa 63.286 orang dan hasilnya sebanyak 16.677 PATI dari berbagai negara telah ditahan atas kesalahan keimigrasian.

Dari keseluruhan PATI yang ditahan, yang terbanyak adalah warga Indonesia, yaitu sebanyak 4.729 orang, warga Banglades 3.164 orang, Filipina 1.362 orang, Myanmar 1.357 orang dan sisanya dari lain-lain negara.

Disebutkan pula, sepanjang tahun ini dari 1 Januari hingga 21 Maret 2019 sebanyak 11.915 PATI telah dideportasi ke negara asal masing-masing. Langkah pro aktif diambil dengan mempercepat proses pendakwaan agar PATI yang ditahan bisa segera dideportasi sehingga operasi bisa terus dilakukan dan tahanan bisa ditempatkan di Depot Tahanan Imigresen tanpa melebihi kapasitas.

JIM ingin mengingatkan bahwa tidak semua warga asing di Malaysia adalah PATI. Banyak di antara mereka yang masuk secara sah sebagai pekerja migran, ekspatriat, pelajar, dan pelancong (turis).

(FK/FK, 23/03)
Universitas Terbuka Riyadh
-