Berita > Seputar TKI
PMI Overstayer di Taiwan Curi HP dan Palsukan Dokumen
22 Mar 2019 22:41:05 WIB | Hani Tw | dibaca 4191
Ket: KS tertangkap polisi karena dituduh melakukan pencurian hp
Foto: Appledaily
Taichung, LiputanBMI - Kepolisian Taichung menangkap KS (34) pekerja migran Indonesia yang berstatus overstayer dengan tuduhan mencuri handphone di toko pakaian.

Berawal dari laporan salah satu warga yang kehilangan handphone ketika berbelanja pakaian pada Selasa (17/3).

Polisi segera melakukan pelacakan melalui cctv yang terpasang di toko tersebut.

Sebagaimana dilansir Apple Daily (22/3) polisi berhasil menemukan keberadan KS melalui signal GPS dan langsung menangkapnya bersama barang bukti berupa HP hasil curian yang ditaruh di dalam tas.

Dalam pengakuannya, KS mengatakan, ketika sedang belanja di toko pakaian melihat HP tergeletak di tumpukan baju, lalu ia mengambilnya.

Selama menjalani pemeriksaan polisi, KS sempat berbohong. Ia mengaku sebagai pekerja migran perawat pasien dengan menunjukkan Kartu Identitas atau ARC atas nama Selly.

Polisi tidak mempercayai pengakuan KS begitu saja, setelah melakukan pengecekan data yang tertera di ARC serta melalui sidik jari, akhirnya polisi berhasil menguak status KS yang sebenarnya adalah pekerja migran overstayer.

Selain terbukti mencuri HP, KS juga terbukti melakukan tindakan pelanggaran hukum pemalsuan dokumen yaitu memalsukan ARC atas nama Selly dan mengganti fotonya dengan foto KS.

Sementara ini kasusnya sudah diteruskan ke pengadilan dan imigrasi untuk ditindaklanjuti sebelum diproses deportasi.
(HNI/IYD, 22/03)
Universitas Terbuka Riyadh
-