Berita > Seputar TKI
PM Malaysia Mengaku Tidak Tahu Bebasnya Siti Aisyah atas Lobi Pemerintah RI
12 Mar 2019 19:08:52 WIB | Figo Kurniawan | dibaca 2705
Ket: PM Malaysia, Mahathir Mohamad
Foto: Star TV
Kuala Lumpur, LiputanBMI - Perdana Menteri M Malaysia, Mahathir Mohamad mengaku tidak mengetahui ada lobi dari pemerintah Indonesia atas bebasnya seorang WNI bernama Siti Aisyah dari dakwaan membunuh Kim Jong-Nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un.

“Saya tidak memiliki informasi (tentang hal itu," kata Mahathir saat ditanya wartawan di Malaysia, seperti dilansir The Star, Selasa (12/3/2019).

Menurut Mahathir, bebasnya Siti Aisyah dari ancaman hukuman mati karena kasus pembunuhan tersebut murni urusan hukum.

“Ini adalah keputusan yang dibuat oleh pengadilan. Dia diadili dan dipulangkan. Jadi itu adalah proses yang mengikuti hukum. Saya tidak tahu detailnya, tapi jaksa penuntut dapat mencabut tuntutan hingga membebaskan," kata Mahathir.

Pada Senin (11/3) kemarin, Kedutaan Besar Indonesia di Kuala Lumpur dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo telah memerintahkan upaya untuk mengamankan pembebasan Siti Aisyah segera setelah dia ditangkap pada 15 Februari 2017, dua hari setelah Kim dibunuh di KLIA 2.

Pemerintah Indonesia juga mengatakan bebasnya Siti Aisyah karena lobi tingkat tinggi Indonesia – Malaysia yang terus menerus dilakukan.



(FK/FK, 12/03)
Universitas Terbuka Riyadh
-