Berita > Seputar TKI
Siti Aisyah Bebas dari Ancaman Hukuman Mati di Malaysia
11 Mar 2019 18:58:55 WIB | Figo Kurniawan | dibaca 682
Ket: Siti Aisyah
Foto: Berita Harian Online
Sah Alam, LiputanBMI - Siti Aisyah, warga negara Indonesia (WNI) di Malaysia yang menjadi terdakwa dalam kasus pembunuhan Kim Jong-Nam, dinyatakan bebas.

Aisyah bebas setelah jaksa mencabut dakwaan pembunuhan yang dijeratkan terhadapnya pada persidangan di Mahkamah Tinggi Shah Alam, Senin (11/3).

Putusan pembebasan itu dijatuhkan Hakim Azmin Ariffin saat mengabulkan permohonan jaksa yang mencabut dakwaan pembunuhan yang sebelumnya dijeratkan terhadap Aisyah.

Dalam kasus ini, Aisyah bersama yang seorang lagi warga negara Vietnam telah menjalani sidang sejak Oktober 2017. Keduanya terancam hukuman mati atas dakwaan pembunuhan terhadap Kim Jong-Nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un.

Keduanya didakwa mengusapkan gas saraf VX yang mematikan ke wajah Kim Jong-Nam di Bandara Kuala Lumpur, Malaysia pada Februari 2017.

Dalam beberapa kali persidangan, kedua terdakwa telah menyangkal dakwaan pembunuhan yang dijeratkan terhadap mereka.

Keduanya sama-sama bersikukuh bahwa mereka terlibat dalam sebuah acara prank (lelucon). Kedua terdakwa diduga telah ditipu oleh sejumlah agen intelijen Korut yang menjadi otak pembunuhan Kim Jong-Nam.

(FK/FK, 11/03)
Universitas Terbuka Riyadh
-