Berita > Seputar TKI
Bangun Sinergi, KDEI Taipe Dialog Bersama Pekerja Migran
03 Mar 2019 21:48:58 WIB | Hani Tw | dibaca 532
Ket: Suasana acara silaturahim dan dialog Kdei Taipei bersama PMI
Foto: Dok.LBMI
Taipei, LiputanBMI - Dalam rangka memperkuat sinergi Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei menyelenggarakan acara sillaturahim dan dialog bersama masyarakat Indonesia di Taiwan pada Minggu (3/3).

Acara silaturahim dan dialog kali ini dengan tema mencari solusi bersama permasalahan masyarakat Indonesia di Taiwan khsusnya pekerja migran Indonesia (PMI).

Hadir dalam acara dialog yaitu Kepala KDEI Didi Sumedi, Wakil Kepala Teddy Surachmat, , Kabid Ketenagakerjaan Farid, Kadir serta kabid keimigrasian Herawan Sukoaji juga beberapa staf lainnya.

Selain itu sekitar 100 peserta dari 31 perwakilan organisasi masyarakat yang ada di Taiwan juga hadir dan memadati ruang aula KDEI Taipei.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin oleh ketua PCNU Taiwan, Arif.

Dalam sambutannya kepala KDEI, Didi Sumedi mengatakan bahwa jumlah WNI yang ada di Taiwan sekitar 300.000 orang, dan hampir 260.000 orang adalah pekerja migran.

Sementara Wakil kepala KDEI Teddy, memimpin dialog sebagai acara inti. Masing-masing peserta dialog begitu antusias dalam menyampaikan uneg-uneg dan permasalahan yang sering terjadi pada PMI terutama kasus perkelahian.

Beberapa dari ketua organisasi tidak setuju jika adanya perkelahian berimbas pada pemulangan ketua organisasi tanpa adanya penyelidikan terlebih dahulu, seperti yang dialami salah satu ketua organisasi beberapa tahun lalu.

Selain itu ada beberapa usulan dan pendapat yang diutarakan oleh beberapa peserta, seperti masalah biaya penempatan, BPJS, juga diadakannya acara dialog dalam tiga bulan sekali.

Meskipun banyak perbedaan dalam berargumen dari masing-masing peserta, namun berlangsung dengan tertib sampai acara usai.

Acara diakhiri dengan penandatanganan komitmen bersama mencegah perkelahian, menjaga kerukunan, persaudaraan guna mewujudkan persatuan dan kesatuan sesama masyarakat Indonesia di Taiwan khususnya pekerja migran Indonesia (PMI).
(HNI/IYD, 03/03)
Universitas Terbuka Riyadh
-