Berita > Seputar TKI
Ada Kompensasi bagi Pekerja Migran Korban Laka Lantas di Taiwan, Berikut Informasinya
01 Mar 2019 21:04:54 WIB | Hani Tw | dibaca 1849
Ket: TCESIA ketika mendampingi keluarga pekerja migran korban kecelakaan kerja
Foto: Dokumen TCESIA
Taipei, LiputanBMI - Sebagian besar pekerja migran yang mengalami kecelakaan lalu lintas (laka lantas) belum mengetahui bahwa di Taiwan mereka bisa mengajukan kompensasi ke dislantas.

Selama ini mereka hanya pasrah yang penting segera sembuh, dan bisa bekerja kembali serta menerima keputusan dengan jalan damai. Apalagi jika agen tidak mau tahu dan tidak mau repot untuk membantunya.

Seperti dijelaskan oleh Louies Huang dari Taouyuan City Employment Service Institute Association (TCESIA) kepada LiputanBMI, Jumat (1/3/2019), siapapun yang mengalami kecelakaan lalu lintas di Taiwan tidak terkecuali pekerja migran juga bisa mengajukan kompensasi kepada dislantas setempat.

Untuk pengajuan kompensasi tentunya harus ada pendamping, karena pekerja migran tidak faham akan peraturan dan prosedurnya, juga banyak yang tidak fasih berbahasa mandarin.

"Kami selalu siap membantu pekerja migran yang mengalami kecelakaan kerja untuk mengajukan kompensasi ke dinas lalu lintas asalkan mereka bersedia dibantu, "kata Louies Huang.

Bukan hanya membantu mengajukan kompensasi tetapi juga mendampingi mereka untuk melapor ke polisi jika sebelumnya belum melapor, bahkan TCESIA telah menyiapkan pengacara secara gratis.

"Selain itu, kami juga ada pengacara yang siap mendampingi mereka tanpa dipungut biaya, "lanjut Louies.

Masih menurut Louies, sudah banyak pekerja migran dari berbagai negara yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas berhasil dibantu untuk pengajuan kompensasi dan uangnya akan masuk ke rekening mereka.

"Hasil yang diperoleh dari kompensasi tidak masuk ke rekening TCESIA melainkan masuk ke rekening yang bersangkutan, "pungkasnya.

Louies mengingatkan supaya para pekerja migran yang mengalami kecelakaan lalu lintas tidak merasa takut untuk melapor polisi. Simpan dan kumpulkan foto-foto saat terjadi kecelakaan dan juga hasil visum dari RS sebagai bukti serta merupakan salah satu persyaratan pengajuan kompensasi. Untuk mendapat informasi lebih lanjut bisa langsung menghubungi TCESIA di nomor telepon 03-3330909.
(HNI/YLA, 01/03)
Universitas Terbuka Riyadh
-