Berita > Seputar TKI
ABK di Taiwan Deklarasi Dukung Jokowi 2 Periode
07 Feb 2019 19:37:20 WIB | Juwarih | dibaca 1236
Ket: Sekitar 200 orang PMI yang di dominasi oleh ABK/Pelaut deklarasi mendukung Capres Jokowi 2 pada bertempat di Pelabuhan Wuci, Taichung, Taiwan pada Rabu (6/2/2019).
Foto: Tim Kampanye Nasional (TKN) Taiwan
Taichung, LiputanBMI - Sejumlah Pekerja Migran Indonesia (PMI) sektor pelaut atau Anak Buah Kapal (ABK), Pekerja Rumah Tangga (PRT) dan Manufaktur menggelar deklarasi dukungan untuk pasangan calon (Paslon) Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01 Ir. Joko Widodo dan KH. Ma'ruf Amin untuk terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024.

Bertempat di Pelabuhan Wuci, Taichung sekitar 200 orang PMI yang didominasi oleh para ABK telah sepakat mendeklarasikan dirinya untuk mendukung Paslon Capres No 01, Jokowi-Ma'ruf Amin, pada Rabu 6 Februari 2019.

Seperti disampaikan ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) 01 Taiwan, Kaswan kepada LiputanBMI melalui pesan elektronik, pada Kamis 7 Februari 2019.

"Para PMI di Taiwan telah sepakat mendukung Joko Widodo dua periode untuk kembali memimpin Indonesia, karena dijaman Presiden Jokowi banyak keberhasilan-keberhasilannya yang sudah terbukti melindungi warga yang bekerja di luar negeri," ucap pria kelahiran Yogyakarta tersebut.

Kaswan mengatakan, para PMI di Taiwan menilai bahwa masa kepemimpinan Presiden Jokowi dianggap lebih berhasil melindungi PMI jika dibandingkan dengan para pemimpin sebelumnya, mulai dari di hapuskannya KTKLN, ditutupnya terminal khusus jalur TKI di Bandara Soekarno-Hatta, dan ditetapkannya revisi UU No. 39 tahun 2004 tentang PPTKILN menjadi UU No. 18 tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (PPMI).

"Pelayanan pemerintah baik di dalam maupun di luar negeri dalam melindungi dan melayani PMI di jaman Jokowi semakin baik, serta perhatian pemerintah kali ini terhadap menangani kasus-kasus pekerja migran lebih baik pula," jelas Kaswan.

Maka dari itu, kata Kaswan, pada Minggu 14 April 2019 yang akan datang mereka (para PMI.red) akan memenangkan Paslon Capres 01 di Taiwan sesuai yang ditarget Tim Kampanye Nasional yaitu 97%.

" TKN menargetkan perolehan suara di Taiwan sebanyak 97 persen, insyaAllah dapat terwujud," harapannya.

Perlu diketahui, bahwa pemilihan umum untuk Caleg dan Capres di Taiwan akan dilaksanakan tiga hari lebih cepat dibandingkan di Indonesia yaitu pada minggu 14 april 2019.

(JWR/JWD, 07/02)
Universitas Terbuka Riyadh
-