Berita > Seputar TKI
Ikut Meriahkan Imlek, ABK Taiwan Gelar Parade Kesenian Tradisional Singa Depok
07 Feb 2019 01:43:28 WIB | Juwarih | dibaca 446
Ket: PMI Anak Buah Kapal di Penghu Menggelar Parade Kesenian Tradisional Indonesia ' Singa Depok' pada Perayaan Tahun Baru Imlek, pada Selasa 5 Februari 2019
Foto: Thyio Prayoga
Taipei, LiputanBMI - Dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek yang merupakan perayaan terpenting bagi orang Tionghoa (China), para Anak Buah Kapal (ABK) atau pelaut asal Indonesia di pulau Penghu, Taiwan menggelar parade kesenian tradisional Indonesia Singa Depok, pada Selasa (5/2/2019).

Hal tersebut disampaikan pemilik akun facebook bernama Msthiyo saat dikonfirmasi LiputanBMI di Penghu, pada Rabu 6 Februari 2019.

"Kegiatan parade kesenian tradisional Indonesia tersebut digagas oleh para ABK Pelabuhan Magong di pulau Penghu, mereka mengumpulkan dana dari para PMI di beberapa pelabuhan yang ada di pulau Penghu dengan tujuan untuk memeriahkan tahun baru Imlek," ucap pria asal Indramayu bernama asli Thiyo Prayoga.

Kata Thiyo, dalam menyambut tahun baru Imlek kali ini tergolong sangat meriah dikarenakan adanya parade singa depok keliling mulai dari taman jembatan biru menuju kawasan pertokoan sampai depan Dreamer Hotel dekat pantai, kemudian balik lagi ke jembatan biru.

"Selain menggelar parade singa depok, panitia menyewa gedung untuk melantunkan Qosida, Qori, Lagu-lagu Islami, lomba karaoke, acara potong tumpeng, diakhiri dengan acara makan makan bersama," kata Thiyo.

Lanjutnya, menceritakan kegiatan untuk memperingati tahun baru Imlek yang diadakan oleh para PMI ini direspon sangat baik oleh warga maupun pihak pemerintah setempat dibuktikan dengan banyaknya masyarakat di pulau Penghu ikut terlibat dan tak sedikit untuk mengabadikan kegiatan tersebut dengan mengambil gambar lewat selulernya.

"Alhamdulillah animo warga di pulau Penghu sangat antusias dan pemerintah setempat ikut memfasilitasi kegiatan ini dengan melibatkan pihak kepolisian untuk mengatur lalulintas jalan yang hendak dilewati parade singa depok," jelas Thiyo.

Dalam kesempatan ini pula, Thiyo Prayoga sebagai perwakilan dari ABK Indonesia yang tinggal di Taiwan mengucapkan terima kasih terhadap masyarakat dan pemerintah Penghu yang sudah ikut memeriahkan serta memfasilitasi terlaksana kegiatan ini hingga berjalan dengan lancar.

"Saya mewakili ABK Indonesia di Taiwan, mengucapkan terima kasih telah ikut andil memeriakan dan menyukseskan parade kesenian tradisional Indonesia singa depok," pungkasnya.

Pemerintah setempat pun kemudian memberikan hampao kepada pihak penyelenggara sebagai ungkapan rasa terima kasihnya terhadap para PMI yang sudah ikut andil dalam parade singa depok memperingati hari tahun Imlek.
(JWR/IYD, 07/02)
Universitas Terbuka Riyadh
-