Berita > Seputar TKI
SBMI Jabar Jemput Kedatangan 3 PMI Overstayer Sakit dari Jeddah
01 Feb 2019 00:26:22 WIB | Juwarih | dibaca 1156
Ket: Kiri, PMI a.n Romlah asal Sukabumi. Kanan, SBMI Jawa Barat saat menjemput di Terminal III Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.
Foto: SBMI
Nasional, LiputanBMI - Dewan Pimpinan Wilayah Serikat Buruh Migran Indonesia (DPW-SBMI) Provinsi Jawa Barat menjemput kepulangan 3 Pekerja Migran Indonesia (PMI) overstayer yang sedang sakit asal Sukabumi, Cianjur dan Tasikmalaya dari Jeddah, Arab Saudi pada Rabu 30 Januari 2019.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPW SBMI Jawa Barat, Jejen Nurjanah, kepada LiputanBMI saat dikonfirmasi melalui pesan elektronik pada Kamis (31/1/2019).

"Ketiganya adalah PMI overstayer sedang sakit yang dipulangkan dari Jeddah, dan mereka semua asal Jawa Barat," ujar Jejen..

Jejen Nurjanah mengatakan, ketiga PMI tersebut bernama Ai EE Maesaroh (57), asal Tasikmalaya, Latifah (69) asal Cianjur, dan Romlah (57), asal Sukabumi, mereka dipulangkan selain sudah lama tinggal di Arab Saudi, beliau juga dalam kondisi sakit.

"Terima kasih SBMI Jeddah dan KJRI Jeddah yang sudah membantu semaksimal mungkin untuk memulangkan ketiga PMI overstayer tersebut dari Arab Saudi," ucap Jejen

Kata Jejen, ketiga PMI tersebut diperbolehkan pulang setelah pihak KJRI selesai mengurus exit permitnya, kemudian ketiganya diantar ke Airport Internasional King Abdul Aziz, Jeddah oleh SBMI Jeddah dan pihak KJRI Jeddah yang ikut mendampingi.

"Selain izin tinggalnya sudah lama (overstay) dan kondisinya sedang sakit, mereka bertiga umurnya sudah cukup tua semua," ujarnya.

Sementara itu, Tim Advokasi SBMI Nasional, Mohammad Koim di tempat terpisah mengatakan, kepulangan Maesaroh, Latifah, dan Romlah setelah pihak KJRI Jeddah membantu untuk mengurus dokumen kepulangannya.

"Alhamdulillah proses penjemputan mereka di Bandara Soekarno-Hatta berjalan dengan lancar walaupun ada sedikit mis komunikasi dengan pihak BNP2TKI," pungkasnya.
(JWR/IYD, 01/02)
Universitas Terbuka Riyadh
-