Berita > Seputar TKI
Dua PMI Overstayer di Taiwan Tertangkap Saat Jalan-Jalan di Dermaga
29 Jan 2019 21:48:38 WIB | Hani Tw | dibaca 1051
Ket: PMI tertangkap ketika sedang jalan di dermaga patoco
Foto: Appledaily
Taipei, LiputanBMI - Dua orang pekerja migran Indonesia (PMI) overstayer ditangkap saat sedang jalan-jalan di dermaga pelabuhan Patoco, Keelung (29/1/2019).

Tim patroli laut, kepolisian Keelung ketika sedang mengadakan patroli ke pelabuhan Patoco untuk mengadakan pemeriksaan terhadap penumpang kapal dari China yang membawa daging, tanpa sengaja melihat kedua PMI tersebut dengan sikap yang mencurigakan.

Sebagaimana dilansir Apple Daily, Selasa (29/1), salah satu anggota tim patroli mengatakan, ketika melihat dua orang perempuan merasakan keanehan, karena waktu itu adalah saatnya jam kerja aka tetapi mereka justru jalan-jalan di tempat tersebut.

"Aneh, bukankah saat ini jam kerja? Kenapa dua orang itu ada disini? Apakah mereka tidak perlu bekerja," ujarnya.

Mereka berjalan mendekati dua orang perempuan yang sedang berjalan-jalan di dermaga. Ternyata kedua orang tersebut adalah pekerja migran asal Indonesia yang berstatus overstayer.

Dalam pengakuannya kepada polisi, kedua PMI yang tidak disebutkan namanya itu mengatakan bahwa mereka sedang mencari temannya yang bekerja di Keelung. Tanpa diduga sebelumnya mereka malah tertangkap polisi. Saat ini mereka sudah dipindahkan ke imigrasi satuan khusus wilayah Keelung untuk melakukan proses kepulangan.

Sementara itu, kapten tim patroli pantai, kepolisian Keelung Pan Xinji (潘信吉) menegaskan, hari Raya Cina akan tiba, ia mengerahkan anggotanya untuk lebih memperketat penjagaan di sekitar pantai dan melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan oleh penumpang Cina yang mendarat di Pelabuhan Patoco, Kota Keelung, Taiwan.
(HNI/IYD, 29/01)
Universitas Terbuka Riyadh
-