Berita > Seputar TKI
KJRI Jeddah Bantu Pulangkan PMI Asal Gresik yang Lumpuh
19 Jan 2019 03:19:54 WIB | Iyad Wirayuda | dibaca 715
Ket: Samsul (kanan) Andi Bule (tengah) Rofiq Rakid (kanan/staf KJRI Jeddah) Ridwan (duduk di kursi roda)
Foto: LBMI
Jeddah, LiputanBMI - Sumringah, begitulah kebahagiaan yang terpancar dari wajah Ridwan bin Hasan Umar Pekerja Migran Indonesia (PMI) overstayer asal Dusun Sido Mulyo, Desa Sembayad, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik Jawa Timur saat menunggu penerbangan di Bandara Internasional King Abdulaziz, Jeddah, Jumat (18/1/2018).

"Pak Ridwan kelihatan bahagia sekali, saya sangat mengapresiasi bantuan KJRI Jeddah dan BMI-SA yang telah membantu pemulangan Pak Ridwan," ujar Samsul seorang teman yang turut mengantar ke Bandara saat dihubungi LiputanBMI.

Kepulangan Ridwan ke Tanah Air menggunakan penerbangan Saudi Airline SV 816 dengan didampingi Rofiq Rakid salah satu staf KJRI Jeddah . Pria kelahiran 25 Mei 1956 yang bekerja sebagai mekanik mobil selama 19 tahun di kota Jeddah itu mengalami kelumpuhan pada kedua kakinya sejak tiga tahun lalu.

Meski tidak mampu bekerja, namun Ridwan mampu bertahan hidup karena didampingi sang istri yang membantu mencari nafkah. Untung tak dapat diraih malang tak dapat ditolak, sang istri yang merupakan tulung punggung keluarga pun terkena razia dan dideportasi ke Indonesia oleh pihak keamanan Arab Saudi karena berstatus overstayer (melanggar izin tinggal).
(IYD/IYD, 19/01)
Universitas Terbuka Riyadh
-