Berita > Seputar TKI
PMI Asal Wonosobo Meninggal karena Komplikasi Ginjal dan Liver
15 Jan 2019 07:31:22 WIB | Yully Agyl | dibaca 3065
Ket: Kartu KTKLN Triwarni
Foto: Dok. Pri
Taipei, LiputanBMI - Triwarni, pekerja Migran Indonesia (PMI) di Taiwan asal Desa Kalikajar RT 002, RW 006, Kec. Kalikajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah yang menderita gagal ginjal telah menghembuskan napas terakhir di RS Chang Gung, Linkuo, pada Senin (14/1/2019) dini hari.

Seharusnya, Triwarni sudah berkumpul dengan keluarga sejak bulan Desember lalu. Tetapi dia pingsan di bandara saat menunggu jadwal penerbangan pulang dan dilarikan ke rumah sakit. Menurut hasil pemeriksaan dokter selain gagal ginjal juga ada komplikasi liver.

"Memang seharusnya Triwarni sudah pulang bulan Desember lalu. Tapi dia pingsan ketika di bandara dan langsung dibawa ke rumah sakit. Waktu itu kondisi kakinya sudah bengkak dan awalnya diduga penyakit kaki gajah, ternyata ginjal dan livernya bermasalah. Kemarin (Minggu, Red) saya sempat menjenguk dan sudah rencana minggu depan mau jenguk lagi. Tapi ternyata Tuhan sudah berkehendak lain, jam dua dini hari dia meninggal," ungkap Yeosin kepada LiputanBMI, Senin (14/1).

Almarhumah diberangkatkan melalui PT. Putra Bragas Mandiri dan bekerja di daerah Distrik Xinyi, Taipei. Sakit yang dialami telah lama dirasakan namun diabaikan.

"Hal seperti ini sering terjadi pada teman-teman PMI. Menganggap sakit ringan dan mengabaikan untuk berobat. Tetapi ada kalanya juga majikan yang tidak ada perhatian dan tidak mengizinkan pekerjanya pergi berobat. Karena itulah, kita sendiri harus punya keberanian. Jangan hanya diam menerima. Kalau sakit segera berobat, karena kita juga sudah bayar askes tiap bulan. Berharap semoga pemulangan jenazah almarhumah lancar," pungkas Yeosin.
(YLA/YLA, 15/01)
Universitas Terbuka Riyadh
-