Berita > Seputar TKI
Apes, Masuk Pakai Visa Turis WNI Ini Ketangkap Polisi Taiwan Sebelum Dapat Kerja
03 Jan 2019 17:04:08 WIB | Hani Tw | dibaca 2076
Ket: WNI yang overstay saat tertangkap polisi yang kebetulan sedang patorli
Foto: Appledaily
Taipei, LiputanBMI - Seorang warga negara Indonesia berinisial KD (33th) yang masuk ke Taiwan dengan menggunakan visa turis tertangkap Selasa (1/1/2019) kemarin setelah diketahui masa berlakunya visa sudah habis tiga bulan yang lalu.

Sebagaimana dilansir Apple Daily News (2/1), kepada polisi KD mengaku bahwa ia memasuki Taiwan dengan visa turis pada 30 Agustus 2018 lalu dan tinggal di tempat saudaranya yang menikah dengan orang sini.

Sementara itu KD yang tidak memiliki kemampuan bahasa mandarin kesulitan mencari pekerjaan. Sehingga selama tiga bulan ia mengandalkan bantuan saudaranya untuk mencarikan pekerjaan sambil bersembunyi dari polisi.

Rupanya keberuntungan belum ada di tangan KD. Belum lagi mendapatkan pekerjaan yang cocok ia sudah tertangkap oleh salah seorang polisi Huang Jun long (黃俊龍) yang sedang patroli di sebuah supermarket wilayah Wugu District, New Taipei City.

Menurut keterangan polisi, KD mencoba menghindar ketika melihat polisi datang dan berusaha melarikan diri, akan tetapi dengan cekatan polisi segera menangkap pakaian KD sambil meminta bantuan warga yang berada di sekitar tempat kejadian.

Saat diinvestigasi, KD mengatakan bahwa mencari uang di Taiwan lebih mudah dibandingkan di Indonesia, kemudian ia mencoba masuk ke Taiwan dengan menggunakan visa turis. Tetapi kesulitan mendapatkan pekerjaan karena tidak bisa berbahasa mandarin, sehingga untuk biaya hidup selama di Taiwan hanya bergantung pada saudaranya.

Saat ini kasus KD sudah dilemparkan ke tim khusus departemen imigrasi untuk ditindaklanjuti dan diurus proses kepulangannya.
(HNI/IYD, 03/01)
Universitas Terbuka Riyadh
-