Berita > Seputar TKI
TKA Ilegal dan Penyalahguna Visa di Taiwan Juga Dapat Kemudahan Pulang, Berikut Penjelasannya
02 Jan 2019 22:26:10 WIB | Hani Tw | dibaca 4013
Ket: Pekerja ilegal
Foto: Internet
Taipei, LiputanBMI - Badan Imigrasi Nasional (The National Immigration Agency /NIA) Taiwan melalui situs resminya (12/28/2018) telah mengumumkan adanya program kemudahan kepulangan bagi pekerja migran yang tinggal melebihi batas waktu (overstay) dan pekerja migran kaburan termasuk juga pendatang asing yang menggunakan visa selain visa kerja akan tetapi tidak digunakan sebagaimana mestinya.

Adapun pendatang asing yang dimaksud adalah mereka yang masuk ke Taiwan dengan menggunakan visa turis, visa pelajar, akan tetapi sesampainya di Taiwan justru digunakan untuk mencari pekerjaan atau sengaja dipekerjakan di tempat tertentu secara ilegal.

Program kemudahan kepulangan serta keringanan denda dan masa blacklist ini berlaku bagi yang menyerahkan diri maupun tertangkap mulai tanggal 1 Januari sampai 30 Juni 2019.

Ketentuan denda dan masa blacklist bagi yang menyerahkan diri:

1. Bagi yang menyerahkan diri hanya membayar denda NTD 2000 dan tidak perlu ditahan. Sedangkan lamanya masa blacklist disesuaikan dengan lamanya menjadi pekerja kaburan atau overstay.
2. Kabur kurang dari satu tahun maka akan ada pengecualian yaitu terbebas dari masa blacklist.
3. Kabur antara satu sampai tiga tahun, lamanya masa blacklist dihitung separo dari lamanya ia menjadi kaburan. Apabila mau melaporkan majikan atau agen dan bisa membuktikan kebenarannya melalui surat yang dikirim ke bagian administrasi departemen tenaga kerja maka akan terbebas dari masa blacklist.
4. Kabur diatas tiga tahun, masa blacklist dihitung dari lamanya menjadi kaburan dikurangi sepertiga. Apabila mau melaporkan majikan atau agen dan bisa membuktikan kebenarannya melalui surat yang dikirim ke bagian administrasi departemen tenaga kerja maka masa blacklist menjadi separo dari lamanya ia menjadi kaburan .

Sementara denda, hukuman dan masa blacklist bagi yang tertangkap selama adanya program diatas:

1. Bagi yang tertangkap akan ditahan.
2. Tinggal melebihi batas waktu (overstay) akan dikenakan denda, hukuman dan masa blacklist berdasarkan peraturan yang berlaku saat ini
3. Tertangkap ditempat kerja. Selain dikenakan denda sebesar NTD 10000, juga dikenakan blacklist untuk jangka waktu yang panjang, disesuaikan dengan lamanya ia bekerja secara ilegal.
(HNI/IYD, 02/01)
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
-