Berita > Seputar TKI
Jenazah PMI NTT ke-103 Tiba di Kupang
31 Dec 2018 17:24:09 WIB | Figo Kurniawan | dibaca 764
Ket: jenazah Deliaty ketika tiba di Kuang
Foto: Maria/SBMI NTT
Nasional, LiputanBMI - Jenazah Deliaty Hedohari (51), Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kelurahan Bakunase, Kota Raja, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang meninggal dunia di Malaysia, tiba di Terminal Cargo Bandara El Tari, Kupang, Senin (31/12/2018).

Berdasarkan Daftar Kematian/Permit Mengubur dari Hospital Sungai Buloh, Selangor yang tertulis dalam dokumen penghantaran jenazah, Deliaty Hedohari yang di Malaysia berganti nama menjadi Laily Rosman dinyatakan meninggal dunia pada tanggal 27 Desember 2018 sekitar pukul 05.38 pagi dengan penyebab kematian Advanced Breast Carcinoma.

“Menurut catatan kami, ini jenazah ke-103 dalam tahun ini yang sudah dipulangkan ke NTT. Sementara jenazah ke-104 atas nama Bernadus Lewar, kami belum dapat informasi kapan akan dipulangkan,” kata Ketua Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) NTT, Maria Hingi yang ikut menjemput jenazah ke bandara, Senin (31/12).

Lebih lanjut Maria mengatakan, jenazah Deliaty tiba di bandara Kupang sekitar pukul 13.00 WITA dan langsung diantar ke kampung halaman almarhumah oleh petugas BP3TKI Kupang.

Terkait identitas Deliaty yang membingungkan, Maria menjelaskan bahwa berdasarkan keterangan anaknya, almarhumah memang pernah pergi ke Sabah untuk berganti nama menjadi Laily Rosman karena ingin membuka usaha rumah makan di Malaysia.

“Kata anaknya, almarhumah sudah 16 tahun bekerja di Malaysia. Tiga kali bekerja sebagai baby sitter. Karena orang asing di Malaysia tidak diperbolehkan membuka usaha, Deliaty pernah pergi ke Sabah untuk berganti nama. Dengan nama yang baru itu, almarhumah membuka usaha sendiri, yaitu rumah makan,” jelas Maria.
(FK/FK, 31/12)
Universitas Terbuka Riyadh
-