Berita > Seputar TKI
Diduga Terlibat Kasus Suap, Staff KBRI Singapura Dipulangkan ke Jakarta
22 Nov 2018 21:34:24 WIB | Figo Kurniawan | dibaca 276
Ket: KBRI Singapura
Foto: Facebook KBRI Singapura
Singapura, LiputanBMI - Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI telah menarik pulang oknum staf KBRI di Singapura yang diduga terlibat kasus suap oleh tiga warga Singapura.

Melalui keterangan resmi, KBRI Singapura menjelaskan bahwa sejak menerima informasi dari pihak berwenang di Singapura, KBRI Singapura langsung melaporkan hal tersebut ke Jakarta.

"Yang bersangkutan sudah ditarik ke Jakarta untuk menjalani proses pemeriksaan lanjutan oleh institusi asal dan aparat yang berwenang di Indonesia." Demikian tulis KBRI Singapura, dalam keterangan resmi yang disiarkan, Rabu (21/11/2018).

Lebih lanjut KBRI Singapura menyebutkan, dalam kasus ini Pemerintah RI melalui instansi terkait akan melakukan kerjasama penanganan hukum timbal balik dengan Singapura, sesuai ketentuan dan yang berlaku untuk proses hukum selanjutnya.

Sebelumnya, seperti dilansir Channel News Asia, Rabu (21/11/2018), tiga warga Singapura telah didakwa atas kasus penyuapan yang melibatkan oknum staf KBRI Singapura.

Biro Investigasi Praktik Korupsi Singapura (CPIB) menyebutkan, kasus penyuapan ini merupakan upaya untuk membantu dua perusahaan asuransi dalam mendapatkan akreditasi penyedia jaminan performa bagi pembantu rumah tangga (PRT) asal Indonesia di Singapura.

Jaminan tersebut digunakan sebagai persyaratan baru bagi setiap majikan yang mempekerjakan PRT Indonesia.
(FK/FK, 22/11)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki