Berita > Ekosospol
Indonesia jadi Sumber Pelajar Asing Terbesar ke-5 di Taiwan
02 Nov 2018 13:58:28 WIB | Yully Agyl | dibaca 198
Ket: Ilustrasi
Foto: CNA
Taipei, LiputanBMI - Indonesia menjadi sumber siswa internasional terbesar kelima di Taiwan, dengan jumlah lebih dari dua kali lipat selama 10 tahun terakhir. Saat ini, ada 4.931 orang Indonesia yang belajar di Taiwan, jumlah ini, 2,5 kali jumlah pada tahun 2008. Hal tersebut disampaikan Bi Cheu-an (畢祖安), direktur jenderal Departemen Pendidikan Internasional dan Lintas Selat Deplu Taiwan, sebagaimana dilansir CNA, Kamis (1/11/2018).

Di Forum Pendidikan Tinggi Taiwan-Indonesia di Taipei, Bi Cheu-An mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir, Taiwan telah memperkuat pertukaran mahasiswa dengan Indonesia yang menjadi salah satu mitra utamanya di bawah Kebijakan Baru Selatan (New Southbound Policy), sebagaimana dibuktikan oleh sekitar 800 perjanjian kerjasama yang ditandatangani oleh universitas di kedua negara.

Sementara itu, menurut Paulina Pannen, penasihat senior di bidang akademik di Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Indonesia, Indonesia berencana untuk mengirim lebih banyak siswa ke Taiwan guna mempelajari mata pelajaran yang memenuhi kebutuhan pembangunan negara Indonesia.

Pannen berada di Taiwan sebagai kepala delegasi di forum yang dihadiri oleh 193 delegasi dari lembaga pemerintah dan universitas di kedua negara. Pemerintah Indonesia menyediakan bea siswa bagi warga negaranya untuk belajar di Taiwan, Jerman, Austria, dan Selandia Baru sejak 2012, dan mereka yang datang ke Taiwan belajar terutama untuk mendalami bidang manajemen bisnis dan teknik.

(YLA/YLA, 02/11)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki