Berita > Seputar TKI
Confluence Festival di Kuala Lumpur, Perwakilan PMI Tampilkan Tari Topeng dan Baca Puisi
22 Oct 2018 23:09:21 WIB | Nasrikah | dibaca 551
Ket: Anisa ketika baca puisi dan Ningrum ketika menampilkan Tari Topeng
Foto: LBMIMY
Kuala Lumpur, LiputanBMI - Perwakilan Pekerja Migran Indonesia (PMI) turut berpartisipasi dalam melestarikan serta mempromosikan budaya Indonesia dalam acara Confluence Festival yang diselenggarakan oleh Think City di Kuala Lumpur, Minggu (21/10)

Think City merupakan sebuah organisasi di Malaysia yang bergerak untuk mentransformasi ruang dan perkotaan agar menjadi lebih baik.

Dalam acara tersebut PMI tampil dalam dua grup, yaitu group 'Literasi Rantau' yang menampilkan pembacaan puisi sebagai ekspresi tentang suka duka sebagai pekerja migran dan group 'Langlang Buana' yang menampilkan Tari Sintren dan Tari Topeng.

"Sangat bangga karena bisa mewakili Indonesia di acara ini karena kita bisa menunjukkan kepada orang dari berbagai negara kalau para PMI di sini juga punya kemampuan," ungkap Castirah seorang PRT yang tampil membaca puisi.

Senada dengan Castirah, seorang PMI pekerja kilang (pabrik) asal Indramayu, Jawa Barat, Annisa Savitri juga mengaku senang bisa ikut berpartisipasi sekaligus bisa mengekspresikan suka duka yang ia alami sebagai pekerja migran melalui pembacaan puisi.

"Bagus, senang bisa ikut berpartisipasi. Dengan adanya acara ini, kita bisa mengembangkan kemampuan di bidang yang kita minati. Semoga ke depannya nanti acara ini terus ada dan bisa menjadi salah satu tempat untuk mengekspresresikan diri," kata Annisa, pekerja salah satu kilang elektronik di Shah Alam, Selangor.

Sementara Ningrum, PRT asal Cirebon, Jawa Barat yang tampil membawakan Tari Topeng mengaku bangga dan bersyukur bisa menampilkan sekaligus mempromosikan budaya Indonesia di negara orang.

"Saya sangat happy dan bangga bisa memperkenalkan budaya Indonesia yang berasal dari daerah saya dan bisa melihat para penonton bisa menerimanya. Para penonton rela menunggu di panasan, bahkan ada beberapa orang yang sampai mengejar saya ingin belajar," ungkap Ningrum.
(NS/FK, 22/10)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki