Berita > Ekosospol
Ratusan WNI di Arab Saudi Deklarasi Dukung Prabowo-Sandi
20 Oct 2018 13:56:02 WIB | Iyad Wirayuda | dibaca 7378
Ket: WNI di Arab Saudi deklarasi dukung Prabowo-Sandi
Foto: Ahmad Thobib
Jeddah, LiputanBMI - Ratusan WNI di Jeddah, Arab Saudi yang tergabung dalam Relawan Prabowo-Sandi mendeklarasikan diri mendukung capres cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Jumat (19/10/2018).

Ketua Relawan Prabowo-Sandi Arab Saudi, Herlan Maulana mengatakan, deklarasi yang dihadiri tak kurang dari 700 relawan dari berbagai kota di Arab Saudi itu didasari oleh semangat perjuangan kepada perubahan Indonesia yang lebih baik.

"Banyak kawan-kawan yang meminta kepada saya untuk segera mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo-Sandi. Kita prihatin terhadap nasib bangsa saat ini di mana sulitnya mencari lapangan kerja," ujar Herlan saat ditemui LiputanBMI seusai deklarasi.

Selain itu, Herlan juga menyoroti penandatanganan nota kesepahaman (MoU) pengiriman PMI satu kanal yang dilakukan Menaker Hanif Dhakiri yang menurutnya kurang tepat di saat masih banyaknya permasalahan PMI unprosedural yang datang via Sarikah.

"Sekarang kan masih banyak masalah PMI Sarikah, seharusnya pemerintah fokus dulu penanganan ini. Katanya pengiriman PMI PRT ditutup tapi faktanya masih banyak yang diberangkatkan ke Arab Saudi," ungkapnya.

Sementara itu ditambahkan Sekretaris Relawan Prabowo-Sandi Arab Saudi, Rasuli Alum, setelah digelarnya deklarasi tersebut para relawan akan fokus pada pemenangan Prabowo-Sandi di Arab Saudi. Menurutnya akan ada pertemuan lanjutan antar relawan untuk membahas strategi pemenangan.

"Relawan kita cukup solid, untuk acara deklarasi ini para relawan urunan sewa tempat. Kami harapkan ke depan akan ada deklarasi kedua yang dihadiri Pak Prabowo atau Pak Sandi," imbuhnya.

"Kita juga telah sepakat untuk kampanye damai sesuai arahan Pak Prabowo. Di Arab Saudi ini kan ada pendukung Jokowi juga, tentunya kita akan menghindari hal yang sifatnya menimbulkan konflik," pungkasnya.

Deklarasi yang dihadiri tokoh masyarakat, pekerja migran, aktivis perempuan, mahasiswa, emak-emak militan, Ketua Gerindra Arab Saudi dan PKS Hijaz itu diakhiri dengan pembacaan 8 sikap WNI Arab Saudi mendukung pasangan Prabowo-Sandi. Berikut 8 sikap tersebut:

1. Berkomitmen memenangkan pasangan Prabowo-Sandi sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024.
2. Mendukung terwujudnya negara Indonesia yang berdaulat, sejahtera, Adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
3. Mendukung peningkatan kesejahteraan PMI dengan upah layak dan penyiapan program purna PMI.
4. Memberikan pelayanan dan perlindungan kepada seluruh WNI yang berada di Arab Saudi secara profesional, bersih dan transparan.
5. Menindak tegas segala praktik pengiriman PMI ilegal ke Arab Saudi dan menghukum pelaku TPPO tanpa pandang bulu sesuai UU yang berlaku.
6. Mengawal atau mengkaji ulang MoU penempatan PMI PRT ke Arab Saudi dengan mengutamakan aspek perlindungan dan implementasi UU PMI tahun 2018, secara utuh dan dapat dipertanggungjawabkan.
7. Memberikan perhatian kepada pendidikan anak PMI dengan memberikan kemudahan untuk melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi.
8. Memperbanyak dan memberikan kemudahan kepada pelajar dan mahasiswa yang kuliah di Arab Saudi dan penyediaan lapangan pekerjaan di Indonesia.

(IYD/IYD, 20/10)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki