Berita > Seputar TKI
Asnani, PMI Asal Cirebon 11 Tahun Hilang Kontak di Yordania
13 Oct 2018 22:52:58 WIB | Juwarih | dibaca 3264
Ket: Asnani binti Wirya warga Blok II, RT 04, RW 02, Desa Sende, Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat 11 Tahun Hilang Kontak di Yordania, Photo Sebelum Terbang.
Foto: Haz Casmita
Cirebon, LiputanBMI - Seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Cirebon, Jawa Barat bernama Asnani binti Wirya (26) dikabarkan hilang kontak dengan keluarganya sejak diberangkatkan sebagai Pekerja Rumah Tangga (PRT) ke Amman, Yordania. pada tahun 2007 lalu.

"Saya dapat aduan dari orang tuanya PMI, bahwa anaknya bernama Asnani yang bekerja sebagai PRT di Yordania sudah 11 tahun lebih putus komunikasi sejak pertama kali diberangkatkan," kata Haz Casmita, tetangga Asnani kepada LiputanBMI melalui pesan elektronik, pada Sabtu 13 Oktober 2018.

Casmita mengatakan, Asnani binti Wirya (26), merupakan warga
Blok II, RT 04, RW 02, Desa Sende, Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat yang bekerja sebagai PMI di Yordania sejak Juni 2007.

Dari keterangan keluarga, kata Casmita, Asnani bekerja ke Yordania di rekrut oleh Yati Riviyati Arifin, sponsor asal Desa Kebonturi, Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Pada 4 Juni 2007 Asnani yang baru berusia 15 tahun diberangkatkan ke Yordania melalui PT Trias Duta yang beralamat di Jl. F, No.8, RT 07, RW 08, Kelurahan Kebon Baru ,Tebet, Jakarta Selatan.

"Berdasarkan informasi yang diterima oleh pihak keluarga, Asnani bekerja pada majikan bernama Abd. Almajed Ala Jarman dan Isrinya bernama Saniya alamat rumah di P.O Box B43, Amman, Yordania," jelas Casmita.

Lanjutnya, baru dua minggu bekerja di rumah majikan, Asnani sempat menghubungi keluarga via telepon namun setelah itu putus komunikasi dan tidak diketahui lagi keberadaannya, nomor telepon majikanya pun sudah tidak aktif.

"Permasalah ini sudah saya adukan ke pihak-pihak terkait, seperti Kemlu, BNP2TKI dan DPR-RI," pungkasnya.

Sementara itu, Wirya, bapak kandung PMI berharap, pemerintah Indonesia yang di Jakarta maupun melalui perwakilannya di Amman, Yordania bisa membantu menemukan dan memulangkan Asnani ke Indonesia.

"Semoga saja pemerintah bisa membantu untuk menemukan dan memulangkan Asnani, saya dan istri sudah sangat merindukan kehadirannya" harapnya.

(JWR/IYD, 13/10)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki