Berita > Seputar TKI
Menaker Arab Saudi Sebut Pengiriman PRT Indonesia Akan Segera Dibuka
11 Oct 2018 02:09:55 WIB | Iyad Wirayuda | dibaca 1335
Ket: Menaker Saudi Ir. Ahmad Al Rajhi
Foto: google
Jeddah, LiputanBMI - Menteri Tenaga Kerja dan Pembangunan Arab Saudi, Ir. Ahmad Al Rajhi mengumumkan rencana pengiriman Pekerja Rumah Tangga (PRT) dari Indonesia akan segera dibuka dengan uji coba 30 ribu visa yang akan diterbitkan selama enam bulan.

Hal itu dikatakan Menaker Ahmad Al Rajhi dalam sebuah wawancara dengan stasiun TV Rotana, Senin (8/10/2018). Dalam kesempatan itu dia mengatakan bahwa pemerintah RI dan Arab Saudi akan segera menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang perekrutan PRT Indonesia.

Sementara itu Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI), Ayub Basalamah saat dikonfirmasi LiputanBMI, Rabu 10 Oktober 2018 membenarkan informasi tersebut. Menurutnya penandatanganan MoU akan dilakukan Kamis (11/10/2018) di Jakarta.

"Baru penandatanganan MoU, banyak yang harus diselesaikan masih harus ada permen dan perdirjen," jawabnya singkat.

Untuk diketahui, sejak tahun 2011 pasca dipancungnya PMI Ruyati, pemerintah Indonesia menetapkan moratorium pengiriman Pekerja Migran Indonesia (PMI) sektor PRT ke Arab Saudi. Larangan itu tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 260 tahun 2015 tentang penghentian dan pelarangan pengiriman PMI sektor PRT ke 21 negara kawasan Timur Tengah.
(IYD/IYD, 11/10)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki