Berita > Seputar TKI
PMI Asal Indramayu Sempat Tertahan di Bandara Karena Masa Permit Habis
10 Oct 2018 10:03:48 WIB | Hani Tw | dibaca 379
Ket: ilustrasi
Foto: google
Taipei, LiputanBMI - Dasini (46) pekerja migran asal Indramayu, Jawa Barat akhirnya dapat menghela nafas lega karena telah mendapatkan visa kembali setelah mengurus re-entry ulang dan bisa terbang lagi ke Taiwan untuk bekerja pasa Senin (8/10/2018).

"Kemarin saya ke TETO (Taipei Economic and Trade Office) mengajukan visa kerja baru, karena masa re-entry permit saya kedaluwarsa sebelum saya kembali lagi ke Taiwan dan alhamdulillah saya sudah dapatkan visa baru, "kata Dasini kepada LiputanBMI Selasa (9/10).

Melalui pesan messanger Dasini menjelaskan, pada bulan Juni lalu dia mendapat izin cuti pulang ke Indonesia dari majikannya. Tetapi dia lupa memperhatikan masa berlaku re-entry permit, saat hendak berangkat kembali ke Taiwan ia ditahan di bandara dan tidak bisa terbang dengan alasan masa berlakunya re-entry sudah habis.

"Saya dikasih cuti sebulan, tapi saya terkejut saat check in saya tidak bisa masuk bandara karena masa berlaku re-entry hanya sebulan dan sudah kedaluwarsa , "jelasnya.

"Awalnya saya bingung harus bagaimana lagi? Sementara majikan menyuruh saya masuk PT dan proses awal lagi," sambungnya.

Lebih lanjut dikatakan Dasini, ia mencoba mencari informasi terkait masalah yang sedang menimpanya. Majikan kemudian meminta bantuan kepada agen untuk mengurus re-entry permit lagi ke depnaker Taiwan.

"Majikan dengan bantuan agen mengajukan re-entry ulang ke depnaker yang kemudian hasilnya dikirim ke saya untuk dibawa ke TETO Jakarta sebagai syarat pengajuan visa, "jelasnya.

Kasus seperti yang dialami Dasini seringkali menimpa PMI yang sedang cuti pulang ke tanah air. Karena keasikan di rumah lupa kurang memperhatikan masa berlakunya re-entry permit sehingga tidak bisa berangkat lagi ke Taiwan.

Berikut Persyaratan mengurus re-entry permit ulang:
請雇主到勞動發展署申請重進入國許可
1. Surat ijin kerja yang dari MOL (asli & fotokopi
工作許可函正本影本

2. Surat perekrutan ijin kerja / job order ( asli & fotokopi)
招募許可函正本影本

3. Fotokopi surat re-entry permit
重進入國許可影本
(HNI/IYD, 10/10)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki