Berita > Seputar TKI
Mau Buat Paspor di KJRI Johor Bahru, PMI Tak Berdokumen Ini Tidak Dilayani
07 Oct 2018 19:37:45 WIB | Figo Kurniawan | dibaca 2974
Ket: Liani di depan kantor KJRI Johor Bahru
Foto: Liani
Johor Bahru, LiputanBMI - “Beberapa hari yang lalu saya melihat Pak Dubes Rusdi Kirana siaran langsung di Facebook dan katanya PMI tak berdokumen di Malaysia bisa membuat paspor. Tapi, hari ini, Minggu (7/10) saya datang ke KJRI Johor Bahru ditolak. Padahal, saya sudah bawa persyaratan berupa paspor lama dan KTP. KJRI Johor Bahru katanya hanya melayani sambung (pembaruan, Red) paspor, tidak melayani pembuatan paspor.”

Demikian dikatakan Liani, Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Bandung, Jawa Barat yang tinggal dan bekerja di daerah Tampin, Negeri Sembilan.

Kepada LiputanBMI Liani mengaku bermaksud mengajukan permohonan pembuatan paspor baru karena majikannya akan menguruskan permit kerja.

Liani mendatangi KJRI Johor Bahru karena tempat kerjanya di Negeri Sembilan merupakan wilayah kerja KJRI Johor Bahru.

Ia datang ke KJRI Johor Bahru, Minggu (7/10) pagi dan telah mendapat kartu Tamu Umum sekitar pukul 9.00 pagi. Namun, ketika minta nomor antrean pembuatan paspor ia tidak dilayani meski sempat bersitegang dengan pegawai KJRI.

“Bahkan ketika saya menjelaskan bahwa di Facebook Pak Dubes Rusdi mengatakan semua WNI di Malaysia berhak mendapatkan paspor, saya malah dibentak-bentak oleh pegawai KJRI Johor. Katanya peraturan KJRI Johor dan KBRI Kuala Lumpur tidak sama,” katanya.

Anehnya, kata Liani, pegawai KJRI Johor Bahru tersebut mengaku tidak kenal dengan Rusdi Kirana.

Baca: Dubes Rusdi: Semua WNI di Malaysia Berhak Dapat Paspor Tanpa Diskriminasi

Liani berharap, KBRI Kuala Lumpur kembali menjelaskan tentang kebijakan kemudahan pembuatan paspor bagi PMI tak berdokumen terkait tempat pengajuan permohonan.

“Mohon KBRI menjelaskan di mana saya bisa mengajukan permohonan pembuatan paspor baru. Apa memang hanya KBRI Kuala Lumpur yang melayani pembuatan paspor? Apa benar peraturan KJRI dan KBRI tidak sama? Saya sudah mengadu ke nomor pengaduan KBRI tapi belum ada respon,” pungkasnya.


---
* Di wilayah Negeri Johor, Minggu adalah hari kerja karena hari libur akhir pekan Jumat dan Sabtu.

(FK/FK, 07/10)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki