Berita > Ekosospol
Taiwan Sumbangkan USD 1 Juta untuk Gempa dan Tsunami Sulawesi
06 Oct 2018 07:09:48 WIB | Yully Agyl | dibaca 462
Ket: Kondisi Palu yang terkena gempa dan tsunami
Foto: Kompas
Taipei, LiputanBMI -
Pemerintah Taiwan memutuskan menyumbang USD 1 juta kepada Indonesia guna membantu upaya pemulihan kondisi korban gempa dahsyat yang melanda pulau Sulawesi pada akhir September.

Sebagaimana dilansir CNA Taiwan, Jumat (5/10/2018), Kementerian Luar Negeri Taiwan mengatakan akan menyerahkan USD 1 juta dalam bentuk dana bantuan kepada pemerintah Indonesia untuk dimasukkan ke dalam rekonstruksi daerah yang terkena dampak gempa.
Keputusan memberi sumbangan itu didasarkan pada kebutuhan kemanusiaan dan persahabatan erat antara Taiwan dan Indonesia.

Selain donasi, Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Taiwan juga telah membuka dua rekening bank khusus untuk menerima donasi dari siapa saja yang ingin membantu Sulawesi pulih pasca gempa.

Rekening bank akan dibuka untuk sumbangan sampai 3 November 2018 dan Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan mengatakan dana yang diterima akan diserahkan kepada Kementerian Luar Negeri yang akan meneruskannya kepada pemerintah Indonesia.

Selain itu Dewan Urusan Masyarakat Luar Negeri mengatakan, pengusaha Taiwan yang berbasis di Indonesia juga telah memulai kampanye donasi dan mengumpulkan dana lebih dari USD 80.000 untuk membantu korban gempa.

Akibat gempa berkekuatan 7.5 SR yang mengguncang Kota Palu di Sulawesi Tengah dan tsunami 20 kaki pada 28 September lalu, hingga Jumat (5/10) malam, sedikitnya 1.558 orang dilaporkan meninggal dan lebih dari 150 hilang, serta 65.733 bangunan rusak.

Kementerian belum mengetahui apakah ada orang Taiwan yang meninggal atau terluka dalam gempa bumi atau terdampar di daerah yang terkena bencana. Kantor perwakilan Taiwan di Indonesia terus berkomunikasi dengan pemerintah Indonesia guna mendapatkan gambaran yang jelas tentang kerusakan yang disebabkan oleh gempa.

Pada hari Selasa, Pemadam Kebakaran New Taipei berjanji untuk mengirim pasokan bantuan dan tim penyelamat ke Indonesia guna membantu Indonesia setelah gempa bumi dan tsunami.

(YLA/YLA, 06/10)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki