Berita > Seputar TKI
Dua Tahun Bersabar, PMI Asal Lampung Terima Uang Sisa Pajak yang Disembunyikan Agen
04 Oct 2018 04:41:29 WIB | Hani Tw | dibaca 1526
Ket: bukti transferan uang pajak
Foto: dokumen pribadi
Taipei, LiputanBMI - Seorang pekerja migran Indonesia (PMI) asal Lampung, YS (29) yang pernah bekerja di Taiwan dua tahun lalu, merasa bahagia setelah mengetahui uang sisa pembayaran pajak akhirnya dikembalikan oleh agen pada hari Selasa (2/10/2018).

YS berangkat ke Taiwan melalui PPTKIS Antar Tenaga Kerja Mandiri dan dipekerjakan di salah satu pabrik pengolahan kertas di wilayah Yangmei,Taoyuan.

Awal Februari 2016 ia pulang ke Indonesia karena masa kontrak sudah habis. Selama dua tahun ia menunggu uang sisa pajak yang belum juga dikirim oleh agen.

"Sebenarnya saya sudah mulai putus asa dengan apa yang dijanjikan agen. Sebelum pulang agen berjanji bahwa uang sisa pembayaran pajak akan ditransfer langsung ke nomor rekening saya di Indonesia. Akan tetapi semenjak pulang ke Indonesia tahun 2016, agen sulit dihubungi bahkan facebooknya yang biasa dipakai untuk berkomunikasi dengan saya sudah diblokir," demikian keterangan YS kepada LiputanBMI (2/10) malam.

Selama dua tahun ia menunggu tanpa ada kabar, sementara PJTKI yang memberangkatkan dulu sudah tutup. Ia sudah pasrah dan merelakannya kalau memang bukan rezekinya. Saat ia membuka-buka facebook TKI Taiwan, disitu ia membaca sebuah postingan kalau uang sisa pajak bisa diurus jika memang ada sisanya, meskipun pekerja sudah pulang ke Indonesia.

YS kemudian mencoba membuat pengaduan ke salah satu satgas KDEI untuk membantu mengecek dan memastikan apakah uang yang digunakan untuk pembayaran pajak masih ada sisanya. Ternyata apa yang ia sangka selama ini benar, agen dengan marga Xie telah mengambil uang sisa pajaknya sejak bulan Desember tahun 2017 lalu dengan nominal NTD 12.000 lebih atau senilai Rp 6 juta tapi tidak dikirim ke rekeningnya.

"Dengan bantuan KDEI akhirnya uang sisa pajak saya oleh agen dikembalikan dan ditransfer ke rekening saya yang di Indonesia pada Selasa (2/3) kemaren," kata YS yang sekarang bekerja di negara Cina.

"Alhamdulillah, akhirnya uang sisa pajak saya dikembalikan. Saya mengucapkan banyak-banyak terimakasih kepada Bapak Yoseph yang telah membantu menindaklanjuti kasus pajak saya," ungkapnya.

"Jika ada masalah dengan uang pajak yang tidak kunjung keluar agar segera melapor kepada pihak yang berwenang," tandasnya.
(HNI/IYD, 04/10)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki