Berita > Seputar TKI
Pemerintah Taiwan akan Segera Kirim Bantuan ke Lokasi Bencana Gempa Palu
02 Oct 2018 18:06:08 WIB | Hani Tw | dibaca 223
Ket: Pertemuan antara kemenlu Taiwan dan Kepala KDEI Taipei
Foto: Dokumen Appledaily
Taipei, LiputanBMI - Menteri Luar Negeri Taiwan, Wu Zhao Xie (吳釗燮) hari ini, Selasa (2/10) mengadakan pertemuan dengan Kepala KDEI Taipei, Didi Sumedi terkait adanya gempa bumi dan tsunami yang melanda kota Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9) lalu.

Seperti dilansir media lokal Appledaily, Selasa (2/10), Wu Zhao Xie mengatakan, atas nama Presiden Tsai Ing-wen dan mewakili seluruh penduduk Taiwan, menyampaikan belasungkawa dan menyatakan keprihatinan yang mendalam kepada pemerintah Indonesia dan rakyat yang terkena gempa.

Dia juga menekankan bahwa pemerintah Taiwan sangat prihatin dengan situasi bencana di Indonesia. Oleh karena itu, mereka bersedia memberikan berbagai bantuan kemanusiaan secepatnya untuk membantu korban di daerah bencana agar bisa melakukan pemulihan dan rekonstruksi selanjutnya supaya penduduk segera bisa hidup secara normal kembali.

Wu Zhao Xie juga mengatakan bahwa setelah terjadinya gempa bumi Jumat lalu, Presiden Cai Ing-Wen menginstruksikan Departemen Luar Negeri untuk segera melakukan konfirmasi kepada pemerintah Indonesia untuk memahami kebutuhan bantuan bencana yang diperlukan.

Presiden Cai Ing-Wen juga mengekspresikan perhatian dan rasa belasungkawa dalam bahasa Indonesia melalui akun Twitter pribadinya.

Tim Khusus Pencarian dan Penyelamatan dari Departemen Pemadam Kebakaran Departemen Dalam Negeri Taiwan juga telah dipersiapkan sebagai alat pendukung jika sewaktu-waktu diperlukan untuk memberikan bantuan kemanusiaan di Indonesia .

Sementara Dedi Sumedi menyatakan, atas nama pemerintah Indonesia dan penduduk yang menjadi korban bencana, ia mengucapkan rasa terima kasih yang tulus kepada pemerintah Taiwan atas perhatian dan rasa persahabatannya.

Dedi mengatakan bahwa akan segera melapor kepada pemerintah Indonesia dan tetap berkomunikasi dengan pemerintah Taiwan untuk membahas bantuan lanjutan untuk segera dikirimkan ke daerah bencana sesegera mungkin.

Dalam kesempatan lain, Dekan Eksekutif Yuan, Lai Qing De melalui halaman Facebooknya akhir pekan lalu, juga menginstruksikan kepada Kementerian Tenaga Kerja untuk mengirim sebuah buletin berbahasa Indonesia kepada 260.000 pekerja migran asal Indonesia di Taiwan.

Hal ini bertujuan untuk membantu memahami bencana dan adanya panggilan darurat. Pihaknya juga berharap majikan memberi kesempatan, kemudahan bagi pekerjanya yang mau mengambil cuti untuk kembali ke Indonesia melihat kondisi sanak saudaranya yang terkena gempa.
(HNI/FK, 02/10)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki