Berita > Ekosospol
Pemenang Lomba Sastra Migran Taiwan Terima Hadiah Uang dan Piagam
01 Oct 2018 17:53:04 WIB | Yully Agyl | dibaca 1306
Ket: Para pemenang TLAM 2018 dan panitia
Foto: Fans Page 移民工文學獎提供
Taipei, LiputanBMI - Penghargaan Sastra Migran Taiwan ( Taiwan Literature Awards of Migran/TLAM) ke 5 telah mencapai puncaknya pada Minggu (30/9/2018). Bertempat di Museum Nasional Taiwan, Taipei, para pemenang yang berasal dari Indonesia, Filipina, Vietnam menerima piagam dan hadiah lainnya.

Cerpen karya mantan PMI di Taiwan, Loso Abdi dengan judul Tentang Cinta, menjadi juara pertama sekaligus terpilih sebagai sepuluh karya terbaik (Teen Choice Award) dan berhak menerima hadiah NTD 100.000 dan NTD 20.000.

Sementara itu juara kedua dimenangkan pekerja migran Filipina, Melinda Babaran dan Louie Jean Decena.
Dua PMI di Hong Kong, Yuli Riswati dan Pratiwi Wulansari dan seorang pekerja migran asal Filipina yang tidak disebutkan namanya karena sedang menjalani hukuman di penjara Taiwan, terpilih menjadi juara ketiga.

Selain penghargaan untuk juara satu, dua dan tiga, juga ada satu penghargaan khusus untuk karya tulis migran dari Makau yang dimenangkan Diệc Vĩ Lâm dari Vietnam.

Pada tahun ke 5 lomba sastra tulis bergengsi ini diikuti 553 peserta dari empat negara (Indonesia, Filipina, Thailand dan Vietnam) yang berada di Taiwan dan luar Taiwan seperti Hong Kong, Malaysia, Singapura, Indonesia dan Makau.

TLAM dimulai sejak tahun 2014 oleh Perpustakaan Asia Tenggara, Brilliant Time dengan disponsori oleh Kementerian Kebudayaan, Pegatron Electronics Co. dan berbagai sponsor lainnya. Lomba ini menjadi salah satu ajang yang ditunggu setiap tahunnya oleh para pekerja migran yang mencintai dunia literasi.
(YLA/YLA, 01/10)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki