Berita > Seputar TKI
Tergiur Iming-iming Bonus, PMI di Hong Kong Tertipu HKD 9 Ribu Oleh Akun Abal-Abal
29 Sep 2018 14:57:31 WIB | Linda Puspita | dibaca 1531
Ket: Bukti transaksi
Foto: Korban
Hongkong, LiputanBMI - Berawal dari iming-iming bonus dari sebuah akun FB yang mengatasnamakan TNG (sebuah aplikasi pengiriman uang), seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) Hong Kong asal Cirebon berinisial AN harus rela kehilangan uang sebesar HKD 9 ribu atau senila Rp 17 juta.

Sebuah akun FB atas nama Tng Wallet, memberi tahu korban tentang tawaran bonus berupa gratis dua kali ongkir jika men-top up minimal 500 HKD, dan 100 HKD pulsa jika men-top up minimal 1000 HKD, dengan memberikan identitas lengkap, pada Minggu (16/9/2018) lalu.

Berulang kali akun abal-abal tersebut menanyakan si korban apakah sudah top-up. Pada Minggu (23/9), AN memberi tahu bahwa sudah men-top up HKD 14 ribu di akun TNG miliknya. Setelah itu, akun tidak dapat dibuka.

Selasa (25/9), Tng Wallet menawarkan diri untuk membantu mengirimkan uang milik AN untuk kerabatnya yang berinisial R sebesar HKD 5.029 HKD.

AN baru menyadari uang tersebut raib setelah dia memposting di grop TNG dan admin resmi TNG memberi nomor PIN baru, Jumat (28/9).

"Hari Jumat baru nyadar. Enggak ada kepikiran buruk awalnya," ujar AN pada LiputanBMI, Sabtu (29/9).

Korban telah mencoba klarifikasi ke akun FB abal-abal tersebut, tapi tidak ada jawaban.

"Enggak dibales, malah chatnya dia hapus. Untung sudah saya screenshot kemarin," lanjut AN.

Saat ini pihak TNG menyarankan korban untuk melapor ke polisi dan akan menyerahkan nomor rekening penipu tersebut langsung kepada polisi.


(LIN/IYD, 29/09)
Universitas Terbuka Riyadh
-