Berita > Seputar TKI
KBRI Kuala Lumpur Berhasil Selamatkan PRT yang Dianiaya Majikan
15 Sep 2018 21:19:55 WIB | Figo Kurniawan | dibaca 779
Ket: ON bersama suaminya ketika bertemu di KBRI KL
Foto: Sudarmono
Kuala Lumpur, LiputanBMI - Seorang Pekerja Rumah Tangga (PRT) asal Karawang, Jawa Barat berinisial ON yang diduga telah menjadi korban penganiayaan majikan berhasil diselamatkan oleh Tim Satgas Perlindungan WNI KBRI Kuala Lumpur.

Warga Kecamatan Cibuaya, Karawang berusia 29 tahun tersebut telah berada di shelter KBRI Kuala Lumpur sejak Kamis (13/9) petang setelah dilaporkan oleh Sudarmono, suami ON pada 31 Agustus lalu.

Menurut keterangan Sudarmono, ON berangkat ke Malaysia pada 24 November 2017 melalui sebuah PT yang berkantor di Bekasi dan mulai bekerja kepada seorang majikan di kawasan Klang, Selangor pada 27 November 2017.

“Sekitar dua bulan bekerja, istri saya sempat menelepon dan minta tolong katanya dipukul majikan. Tidak hanya itu, ketika sakit katanya juga tetap dipaksa bekerja dan sering mendapat makian yang kasar dari majikannya,” kata Sudarmono kepada LiputanBMI, Jumat (14/9) petang.

Mendengar kabar penderitaan istrinya, Sudarmono yang kebetulan juga bekerja di Malaysia bertekad mencari dan membawa keluar istrinya dari rumah majikan. Berbekal foto copy surat Perjanjian Kerja (PK) yang disimpan di rumah, Sudarmono berhasil menemukan alamat majikan dan mendatanginya.

Sudarmono sempat bertindak sendiri mendatangi rumah majikan tapi gagal membawa istrinya keluar karena majikan tidak mengizinkan. Kemudian ia memposting di FB tentang apa yang dialami istrinya dan akhirnya ada seseorang yang menyarankan untuk melapor ke KBRI Kuala Lumpur.

“Alhamdulillah setelah saya melapor ke KBRI, istri saya berhasil diselamatkan dari rumah majikan dan saya sudah bisa menemui di shelter KBRI. Terima kasih kepada KBRI Kuala Lumpur dan semua pihak yang telah membantu menyelamatkan istri saya,” kata Sudarmono.

Ketika dikonfirmasi LiputanBMI, Jumat (14/9), Sekretaris I Konsuler KBRI Kuala Lumpur, Dahlia Kusuma Dewi membenarkan bahwa ON telah berada di shelter KBRI.

“Sudah berada di (shelter, Red) KBRI,” katanya melalui pesan singkat.





(FK/FK, 15/09)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki