Berita > Seputar TKI
Dituduh Curi Uang NTD 120 Ribu, PMI Asal Subang Dilaporkan ke Polisi
07 Sep 2018 23:23:48 WIB | Hani Tw | dibaca 759
Ket: Ilustrasi
Foto: google
Taipei, LiputanBMI - Pekerja Migran Indonesia (PMI) berinisial NN asal Subang, Jawa Barat yang bekerja sebagai perawat lansia di Taichong, Taiwan mengaku terkejut karena dipanggil polisi dengan tuduhan mencuri uang milik lansia yang dijaganya senilai NTD 120.000 Kamis (9/6/2018).

Ama (sebutan lansia di Taiwan, Red) melaporkan NN ke polisi dengan tuduhan mencuri uang dengan menggunakan kartu ATM. NN yang tidak tahu menahu merasa kaget karena tiba-tiba ia dipanggil ke kantor polisi untuk menjalani pemeriksaan atas tuduhan Ama tersebut, akan tetapi polisi tidak menemukan barang bukti.

Melalui pesan singkat, NN menceritakan kejadian tersebut kepada LiputanBMI, dia mengatakan tidak pernah melihat ATM milik Ama, apalagi mengambil uang dari ATM seperti yang dituduhkan.

''Jangankan mencuri, ATMnya saja saya tidak tahu di mana naruhnya, Ama sendiri yang menyimpannya,'' jelas NN Jumat (7/9/2018) siang.

Hal yang membuat NN semakin kecewa adalah sikap dari penerjemah, bukannya membantu menyelesaikan masalah tapi malah menyuruh NN mengakuinya dengan alasan supaya tidak dipulangkan. Bahkan melarangnya untuk menelpon ke pengaduan 1955.

''Penerjemah waktu di kantor polisi menyuruh saya mengaku terus. Ya, saya tetap gak maulah ngeliat uangnya saja tidak. Saya mau menelpon ke 1955 dilarang juga sama penerjemah, "ungkapnya.

Setelah kejadian itu agen membawa NN keluar dari rumah majikan, untuk sementara ia tinggal di penampungan agen menunggu panggilan dari pengadilan. Agen juga menyita barang miliknya seperti HP, ARC, juga paspor.

"Sekarang saya nggak kerja nunggu proses pengadilan. Saya nggak mau dipulangkan, saya masih ingin bekerja di Taiwan. Sekarang bingung apa yang harus saya lakukan selanjutnya," katanya.

NN mengatakan kalau hari ini ia sudah menelpon dan membuat pengaduan ke 1955, ia berharap bisa segera mendapatkan bantuan. Mendapatkan keadilan dan membuktikan kalau ia tidak mencuri.
(HNI/IYD, 07/09)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki