Berita > Seputar TKI
PMI di Taiwan yang Aniaya Akong Ternyata Telah Dipulangkan
03 Sep 2018 19:02:41 WIB | Hani Tw | dibaca 3009
Ket: Foto penyiksaan terhadap lansia
Foto: Appledaily
Taipei, LiputanBMI - Media sosial dan media eletronik Taiwan digemparkan lagi oleh beredarnya video Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang tidak disebutkan namanya melakukan penyiksaan terhadap akong (lansia) berusia 80 tahun yang dijaganya.

Setelah dilakukan penyelidikan oleh Depnaker Taiwan, akhirnya ditemukan lokasi kejadian tersebut di daerah Changhua, Taiwan bagian tengah. Kasus ini terjadi pada Juni 2018 lalu. Depnaker telah menghubungi agen dan majikan untuk memastikan kebenaran video tersebut.

Seperti dilansir Appledaily, Senin (3/9), melalui agen majikan mengatakan kalau PMI tersebut sudah dipulangkan beberapa hari setelah kejadian berlangsung dan juga sudah diblacklist.

Sebelumnya pihak Depnaker kesulitan melacaknya karena tidak ada catatan pelaporan dari majikan perihal penyiksaan yang dilakukan pekerjanya.

Kepada depnaker majikan menjelaskan, saat mengetahui apa yang dilakukan pekerjanya melalui rekaman cctv, sudah tidak bisa menahan amarahnya dan melaporkan kepada agen. Agen juga cepat tanggap, saat itu juga bergegas datang untuk membawa PMI keluar dan kemudian diproses kepulangannya.

"PMI tersebut sudah dipulangkan dan diblacklist. Yang menyebarkan video itu bukan keluarga majikan, pihak keluarga mengharapkan supaya video jangan disebarluaskan lagi," demikian keterangan agen seperti dikutip Appledaily, Senin (3/9) sore.

Meskipun video kasus penyiksaan yang terekam CCTV tersebut dibuat pada bulan Juni lalu, tetapi baru beredar dan viral dalam beberapa hari belakangan ini.

Video berdurasi sekitar 2 menit itu sudah diputar ribuan netizen. Di dalamnya terekam jelas semua yang dilakukan PMI terhadap lansia tersebut. Sungguh sangat mengerikan dan tidak berperikemanusiaan. Selain mendorong mukanya dan menyuapi makanan dengan kasar. PMI tersebut juga menendang bagian tubuh lansia yang terlihat duduk di kursi roda. Banyak netizen setelah melihat video itu memaki- maki PMI tersebut.

Sampai berita ini diturunkan pihak depnaker masih mengusut kasus tersebut dan memberi peringatan kepada agen untuk segera melaporkan jika ada kejadian seperti itu.(HM)
(HNI/FK, 03/09)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki