Berita > Seputar TKI
KJRI Jeddah Berhasil Temukan Jenazah PMI Asal Sampang yang Hanyut di Laut
03 Sep 2018 02:24:19 WIB | Iyad Wirayuda | dibaca 2407
Ket: Alm Yayan Sugianto
Foto: LBMI
Jeddah, LiputanBMI - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah telah berhasil menemukan keberadaan jenazah Yayan Sugianto, pekerja migran Indonesia (PMI) asal Sampang, Jawa Timur. Diberitakan sebelumnya, pemuda berusia 21 tahun itu dilaporkan meninggal dunia tanpa diketahui keberadaan jenazahnya.

Pelaksana Fungsi Konsuler 3 KJRI Jeddah, Ainur Rifqi Madanie mengatakan jenazah saat ini telah ditangani pihak otoritas Arab Saudi untuk penyelidikan lebih lanjut. Titik terang keberadaan jenazah Yayan setelah KJRI Jeddah mendatangi Polsek Al Balad guna melaporkan WNI yang hilang di wilayah corniche Al Balad.

Dari laporan tersebut telah diindetifikasi jenazah seorang WNI atas nama Yayan Sugianto yang hanyut di wilayah corniche Al Balad. Polisi juga telah meminta keterangan pihak majikan (kafil) Yayan, namun almarhum telah dilaporkan kabur (balagh hurub) oleh majikannya 8 bulan yang lalu. Sebelumnya KJRI Jeddah juga telah menyisir beberapa rumah sakit yang ada di Jeddah.

"Dari hasil laporan pihak Kepolisian Sektor Al Balad bahwa tidak ditemukan indikasi penganiayaan pada jasad almarhum. Polisi menduga almarhum menceburkan diri ke laut. Kami juga telah diperlihatkan foto jenazah," ujar Ainur Rifqi Madanie saat dimintai keterangan LiputanBMI, Minggu (2/9/2018).

PIhak KJRI Jeddah, lanjut Ainur, telah memberitahukan informasi tersebut kepada pihak keluarga almarhum di Indonesia dan meminta surat izin pemakaman.

"Mudah-mudahan prosesnya segera selesai. Pihak kepolisan juga sudah komitmen untuk membantu agar sesegera mungkin jenazah dimakamkan," pungkasnya.
(IYD/IYD, 03/09)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki