Berita > Seputar TKI
PMI Lampung Hampir Tertipu Tawaran Job Melalui BNP2TKI
25 Aug 2018 03:49:44 WIB | Redaksi | dibaca 1093
Ket: Ilustrasi
Foto: Google
Taipei, LiputanBMI - Dandi (33) Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang berasal dari Lampung hampir saja tertipu oleh tawaran job pindahan lewat BNP2TKI dengan biaya lima juta rupiah yang harus dibayarkan saat mendaftarkan diri.

Rencananya sehabis kontrak bulan Oktober mendatang Dandi ingin pindah pabrik, akan tetapi agennya tidak mau membantu mencarikan job baru.

Seperti dituturkan Dandi kepada LiputanBMI Jumat petang, (24/8/2018), “Saya bekerja di Taiwan, finish kontrak awal bulan Oktober tahun ini, rencana saya ingin pindah pabrik akan tetapi agen tidak mau membantu mencarikan job, selanjutnya saya cari job di agen baru".

Dandi mencari agen baru yang mau membantunya untuk pindah pabrik, agen tersebut menyarankan untuk mendaftarkan dulu melalui BNP2TKI.

"Di agen baru katanya harus didaftarkan dulu melalui BNP2TKI dan saat mendaftarkan diri harus membayar uang sebesar lima juta rupiah, sisanya yang NTD 22000 dibayarkan ke agen baru,” lanjutnya sambil menunjukkan formulir bukti pendaftaran.

Dandi merasa ragu dengan tawaran job pindahan tersebut, maka sebelum melakukan transaksi, dia mengadukan masalah tersebut dan meminta saran kepada Hani, salah satu Satgas KDEI Taipei.

Pada kesempatan lain Satgas KDEI yang dihubungi koresponden LiputanBMI membenarkan adanya pengaduan tersebut dan mengaku kalau akhir-akhir ini banyak sekali pengaduan dari PMI tentang media sosial dan SMS yang mengatasnamakan instansi pemerintah, berisi informasi palsu terkait layanan lowongan kerja, pindah job, undian berhadiah maupun pemberian santunan.

“Saya sudah mengingatkan kepada teman-teman PMI untuk tidak mudah percaya dengan info dari sumber yang mengatasnamakan instansi pemerintah, itu adalah salah satu modus penipuan meskipun formulir yang dipakai asli tapi sebenaranya itu asli tapi palsu,” jelasnya.

Sehubungan dengan hal tersebut LiputanBMI mencoba menghubungi Reza, Kepala staff LP3TKI Surabaya.

Reza menjelaskan bahwa BNP2TKI tidak pernah menawarkan lowongan kerja, job pindahan, mencarikan job agen apalagi minta uang pada calon tenaga kerja.

Untuk menjadi perhatian dan agar tetap mewaspadai modus-modus penipuan lainnya.
Dapatkan informasi resmi melalui website http://kdei-taipei.org, http://naker.go.id, dan http://bnp2tki.go.id.

Untuk negara Taiwan jika menemui kasus penipuan silahkan menghubungi telpon layanan 24jam bebas pulsa 165.

(RED/TTG, 25/08)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki