Berita > Seputar TKI
Sempat Dituduh Curi Uang 1 Milyar, Darinah Akhinya Dipulangkan ke Indonesia
23 Aug 2018 18:23:12 WIB | Juwarih | dibaca 3307
Ket: Keluarga saat menjemput kepulangan Darinah dari Singapura di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, pada Kamis 23 Agustus 2018
Foto: SBMI Indramayu
Jakarta, LiputanBMI - Darinah binti Surendra, Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Indramayu yang dituduh majikannya di Singapura mencuri uang sebesar Rp 1 Milyar telah dipulangkan ke Indonesia, Kamis 23 Agustus 2018 karena dalam persidangan terakhir dinyatakan tidak terbukti melakukan pencurian.

Hal tersebut disampaikan Tim Advokasi Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Cabang Indramayu, Caskum, saat ikut mendampingi keluarga untuk menjemput kepulangan Darinah di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

"Darinah, warga Blok Pulo, Desa Krasak, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat hari ini dipulangkan dari Singapura setelah dinyatakan tidak terbukti mencuri," ucap Caskum kepada LiputanBMI, Rabu (22/8).

Caskum mengatakan, pihaknya mendapat informasi dari salah satu staf Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura yang telah mengirim pesan elektronik bukti booking tiket kepulangan Darinah ke Indonesia.

"Darinah tiba di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang pada pukul 09.37 WIB, langsung disambut ekspresi kebahagiaan keluarganya," ungkap Caskum.

Pada 8 Februari 2018 yang lalu Darinah dilaporkan ke pihak Kepolisan setempat oleh majikannya yang bernama Norsheila atas tuduhan mencuri uang sejumlah 125.000 SGD (sekitar Rp 1 Miliar).

Setelah mengetahui anaknya sedang tersandung hukum di Singapura, keluarga mengadukan permasalahan Darinah ke Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Cabang Indramayu.

Pada 20 Maret 2018 SBMI Indramayu mengirim surat pengaduan dan meminta perlindungan hukum ke KBRI Singapura dan sejak 24 Maret 2018 Darinah tinggal di Shelter KBRI Singapura.
(JWR/FK, 23/08)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki