Berita > Seputar TKI
Meninggal Akibat Sakit di Malaysia, Ahli Waris Pelaut Ini Dapatkan Hak Santunan Kematian
20 Aug 2018 15:25:36 WIB | Syafii | dibaca 1364
Ket: Pendampingan PPI serah terima asuransi
Foto: LBMIJKT
Nasional, LiputanBMI - Bertempat di kantor Notaris & PPAT Moh. Sugiono, S.H., M.Kn. di Bangkalan, Madura serah terima uang santunan kematian pelaut sebesar Rp 100 juta berjalan lancar. Santunan tersebut diserahkan oleh perwakilan PT Spicaputra Sarana kepada UH (32) selaku ahli waris (istri) dari almarhum Syaiful Arif (pelaut) yang meninggal dunia akibat sakit saat bekerja di kapal MV Vivo Shiva di Malaysia pada September 2017 silam.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Sekretaris Umum Pergerakan Pelaut Indonesia, Syofyan kepada LiputanBMI, yang menyatakan bahwa serah terima hak santunan itu disaksikan oleh perwakilan PPI cabang Surabaya selaku pihak penerima kuasa UH, hari ini, Senin (20/8/18).

Terpisah, dikonfirmasi melalui selulernya, Sekretaris PPI Surabaya, Jupriyanto menyatakan bahwa UH mengadukan kasusnya itu pada April 2018 dengan laporan meminta kepada PPI Surabaya untuk membantu mengurus hak santunan almarhum suaminya sesuai dengan ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2000 tentang Kepelautan.

“Jika awak kapal meninggal dunia, pengusaha angkutan di perairan wajib membayar santunan. Untuk meninggal karena sakit besarnya santunan minimal Rp 100 juta. Itu sesuai PP 7 Tahun 2000, Pasal 31 ayat (2) huruf (a),” tegas Jupriyanto kepada LiputanBMI saat ditanya besarnya minimal santunan kematian bagi pelaut sesuai aturan.

Sebelumnya, kata Jupriyanto, almarhum berangkat kerja jadi pelaut di Malaysia melalui PT JLS yang berkantor di daerah Jakarta Utara.

“Kami koordinasi dengan PPI pusat tentang pengaduan ini, yang kemudian PPI pusat melakukan advokasi dengan memanggil pihak perusahaan yang memberangkatkanya, hingga akhirnya berujung hak santunan kematian almarhum bisa didapatkan oleh pihak ahli waris,” pungkasnya.


(IS/IS, 20/08)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki