Berita > Seputar TKI
Kamis 16 Agustus 2018, KBRI Kuala Lumpur Masih Belum Bisa Melayani Pembuatan Paspor
15 Aug 2018 20:54:12 WIB | Figo Kurniawan | dibaca 2217
Ket: Surat Edaran KBRI
Foto: KBRI KL
Kuala Lumpur, LiputanBMI - KBRI Kuala Lumpur kembali mengeluarkan edaran tentang adanya kendala teknis di Jakarta terkait Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) sehingga belum bisa melayani permohonan pembuatan paspor dan SPLP pada Kamis (16/8/2018).

Dengan menyesal, diberitahukan bahwa untuk hari Kamis, 16 Agustus 2018, KBRI Kuala Lumpur belum dapat memberikan layanan pembuatan paspor dan SPLP. Demikian bunyi surat edaran tersebut.

Dalam surat edaran KBRI Kuala Lumpur yang dikeluarkan pada Rabu (15/8) malam disebutkan, untuk pengambilan paspor/SPLP yang telah dijadwalkan pada Kamis, 16 Agustus 2018 juga tidak bisa dilaksanakan.

Sebelumnya, pada Selasa (14/8) malam KBRI Kuala Lumpur juga telah mengeluarkan surat edaran terkait kendala teknis ini sehingga pada Rabu 15 Agustus 2018 tidak bisa melayani pembuatan paspor dan SPLP.

Dijelaskan dalam surat edaran bahwa telah terjadi gangguan perangkat lunak dalam sistem keimigrasian (SIMKIM) dan saat ini Direktorat Jenderal Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM masih memperbaiki sistem tersebut.

Ketika dikonfirmasi LiputanBMI, Rabu (15/8) malam, Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Kuala Lumpur, Agung C Sumirat menegaskan, kendala ini murni masalah teknis terkait SIMKIM, tidak ada hubungannya dengan event Archipelago Exchibition (ARCEX) di Aula Hasanudin KBRI yang kebetulan berlangsung pada dua hari yang sama dengan tertundanya pelayanan pembuatan paspor/SPLP.

“Dengan kekuatan IT, apa iya ARCHEX jadi masalah? Jelas tidaklah,” tegas Agung.

(FK/FK, 15/08)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki