Berita > Seputar TKI
Peringati HUT RI ke-73, KJRI Hong Kong Gelar Aneka Lomba Tradisional
08 Aug 2018 21:10:59 WIB | Wijiati Supari | dibaca 399
Ket: Peserta lomba rebutan kursi
Foto: LBMI
Hongkong, LiputanBMI - Peringati HUT RI ke-73, KJRI Hong Kong Gelar Aneka Lomba Tradisional

Bertempat di lapangan rumput taman Victoria, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Hong Kong menggelar aneka perlombaan tradisional bagi warga negara Indonesia (WNI), pada Minggu (05/08/2018).

Udara yang sangat panas tidak mengurangi antusiasme para peserta lomba untuk tetap mengikuti acara yang telah disiapkan sejak Frebuari ini. Seperti yang biasa kita temui ketika peringatan hari kemerdekaan di Tanah Air, di Hong Kong juga sama.

Para WNI bisa mengikuti beberapa perlombaan, di antaranya lomba balap karung, bola sarung, balap kelereng, makan kerupuk, dan rebutan kursi, ambil koin di jeruk, memasukan paku di botol, serta merias wajah dengan mata tertutup.

Menurut Tri Tharyat, Konsul Jenderal Republik Indonesia di Hong Kong, acara tersebut selain bertujuan untuk memperingati hari ulang tahun RI ke-73, tetapi juga bertujuan untuk menjalin hari kebersamaan, hari kedamaian, dan hari bahagia bagi WNI di Hong Kong.

"Macam-macam kegiatan yang bisa kita nikmati, kita bisa rasakan, karena ini acara setahun sekali, kita bernostalgia dengan permainan waktu kecil kita dengan perlombaan tradisional," ungkap Tri Tharyat di sela-sela acara berlangsung.

Lebih lanjut, Tri Tharyat kepada Liputan BMI menyampaikan harapan setelah digelarnya acara tersebut agar WNI di Hong Kong tetap menjaga rasa persaudaraannya ketika berada luar negeri.

"Mudah-mudahan semangat ini kita bawa sampai tahun depan, jadi kalau ada pandangan politik ya, tidak apa-apa. itu manusiawi. Tapi kita lupakan atribut-atribut tadi, kita tetap bersaudara," tutup Konjen Tri.

Selain aneka lomba, para WNI juga diajak bernyanyi bersama lagu-lagu kebangsaan, yang pada waktu itu juga serentak dinyanyikan oleh ribuan masyarakat Indonesia di dalam dan luar negeri, juga oleh Presiden Jokowi. Adapun lagu-lagu nasional yang dinyanyikan adalah Satu Nusa Satu Bangsa, Rayuan Pulau Kelapa, Garuda Pancasila dan Bagimu Negeri.


(WSP/IYD, 08/08)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki