Berita > Seputar TKI
Timwas TKI DPR RI Undang Perwakilan PMI Taiwan ke Jakarta
31 Jul 2018 05:35:51 WIB | Redaksi | dibaca 1173
Ket: Tantri saat menyampaikan tuntutan di depan Timwas TKI DPR RI
Foto: doc. Tantri
Taipei, LiputanBMI - Salah satu perwakilan aktivis Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Taiwan, Dwi Tantri (44) atau yang lebih dikenal dengan panggilan Bunda Tantri mendapat undangan ke Jakarta oleh Tim Pengawas Tenaga Kerja Indonesia (Timwas TKI) DPR RI, Senin (30/7/2018).

Pertemuan tersebut sebagai tindak lanjut kunjungan Ketua Timwas TKI (sekarang istilahnya PMI, Red) DPR RI, Fahri Hamzah ke Taiwan beberapa waktu lalu.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Gedung DPR RI itu, Tantri mengusulkan beberapa tuntutan kepada Timwas PMI.

"Pesan dan tuntutan yang saya sampaikan kepada Timwas PMI antara lain tentang biaya penempatan yang kenyataannya masih merugikan PMI. Menuntut kenaikkan gaji dan libur wajib bagi pekerja informal di Taiwan," katanya kepada LiputanBMI melalui sambungan telepon, Senin (30/7/2018).

Selain itu, lanjut Tantri, ia juga meminta DPR untuk mendesak pemerintah agar menyiapkan pengacara (lawyer) untuk mendampingi PMI yang mempunyai masalah hukum di Taiwan.

Menurutnya, Fahri Hamzah akan segera mengevaluasi masalah biaya penempatan yang saat ini masih dalam tahap penyusunan dan perbandingan biaya jual beli job.

Mengakhiri wawancaranya dengan Liputan BMI, Tantri berharap semoga ke depannya permasalahan yang terjadi pada PMI semakin berkurang.

"Apapun hasil pertemuan hari ini, yang penting saya sudah menyampaikan suara kawan-kawan PMI dan berharap tuntutan-tuntutan tersebut akan segera dibenahi," pungkasnya.(HM)
(RED/IYD, 31/07)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki