Berita > Seputar TKI
PPI Kawal Pemenuhan Hak Asuransi Pelaut Indonesia yang Meninggal di Oman
26 Jul 2018 00:02:46 WIB | Syafii | dibaca 3230
Ket: Pendampingan PPI serah terima asuransi
Foto: Dok. PPI
Dunia, LiputanBMI - Pergerakan Pelaut Indonesia (PPI) berhasil mengawal pemenuhan hak asuransi setelah beberapa bulan mendampingi pihak keluarga pelaut Alm. Maruf Rusli yang meninggal dunia akibat kecelakaan kerja di atas kapal MV. 101 Duke Young di perairan Oman.

Didampingi oleh Wakil Sekretaris Umum PPI, Syofyan dan jajaran pengurus PPI Provinsi Sulawesi Selatan asuransi kematian sebesar Rp. 403.000.000,- (empat ratus tiga juta rupiah) diserahkan oleh Erly Senjaya perwakilan PT. Spica Putra Sarana kepada Nursiah selaku ibu kandung dari Alm. MR berjalan lancar.

Penyerahan asuransi tersebut dilakukan di kantor Notaris H. Andi Mindaryana Yunus, SH di Makassar.

"Alhamdullilah, proses serah terima asuransi berlangsung lancar dan dimuat dalam akta perdamaian serta perjanjian bersama yang ditandatangani kedua belah pihak serta disaksikan oleh Notaris dan pengurus PPI," ujar Syofyan kepada LiputanBMI melalui selulernya, Rabu (25/7/18).

Menurut Syofyan, PPI sebagai serikat pekerja pelaut mengucapkan terima kasih kepada para pihak yang telah melakukan perdamaian. Syofyan menyebutkan, sebelumnya pihak ahli waris hanya akan mendapatkan asuransi sebesar Rp. 150 Juta, namun PPI sebagai pihak penerima kuasa menilai hal tersebut tidak sesuai dengan aturan internasional, mengingat Alm. meninggal di luar negeri.

"Perjanjian Bersama penyelesaian ini akan kami sampaikan kepada instansi terkait yang sebelumnya turut membantu dalam penyelesaian persoalan ini," pungkasnya.

(IS/IS, 26/07)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki