Berita > Ekosospol
Nyaleg dari Dapil Jakarta II, Ketua PPP Perwakilan Malaysia Bertekad Perjuangkan Nasib PMI
24 Jul 2018 21:50:15 WIB | Figo Kurniawan | dibaca 1229
Ket: Datuk Zainul ketika mendata persoalan PMI di Cyberjaya, Malaysia
Foto: Datuk Zainul
Kuala Lumpur, LiputanBMI - Ketua DPLN Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Perwakilan Malaysia, Datuk M Zainul Arifin, SH, MH menilai, permasalahan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di luar negeri dengan segala kompleksitasnya adalah persoalan yang perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah dan wakil rakyat yang duduk di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Terlebih lagi, katanya, selama ini berbagai persoalan yang menimpa para PMI ketika berada di negara tempat bekerja merupakan hilirisasi dari permasalahan di dalam negeri.

Hal itulah yang mendasari Zainul untuk memutuskan mendaftar menjadi Calon Anggota Legislatif (Caleg) dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jakarta II.

“Pemerintah dan DPR harus secara serius dan bersungguh-sungguh dalam merumuskan kebijakan terkait perlindungan PMI. Atas dasar itulah saya memutuskan mendaftar Caleg melalui PPP agar apabila terpilih menjadi anggota DPR dapat ikut merumuskan kebijakan yang berpihak kepada PMI,” kata Zainul dalam perbincangan dengan LiputanBMI, Selasa (24/7) di Kuala Lumpur.

Selain itu, katanya, DPR harus terus mendorong pemerintah agar melakukan upaya diplomatik dengan negara-negara yang menjadi tujuan PMI untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang sedang terjadi.

“Padahal PMI merupakan salah satu penyumbang devisa terbesar. Namun sangat disayangkan, perlindungan yang diberikan negara belum maksimal dan masih banyak hak-hak PMI belum dapat terpenuhi. Ke depan, persoalan PMI di luar negeri harus menjadi konsentrasi utama untuk diselesaikan segera,” katanya.

Dapil Jakarta II terdiri dari Jakarta Pusat dan Luar Negeri, sehingga anggota DPR yang terpilih dari Dapil Jakarta II sebagian besar konstituennya adalah WNI yang berada di luar negeri.

Zainul mengatakan, jika terpilih menjadi anggota DPR dirinya siap menampung dan memperjuangkan aspirasi masyarakat Indonesia secara umum dan secara khusus ia siap memperjuangkan nasib konstituennya di luar negeri yang sebagian besar adalah pekerja migran.

Selain sebagai Ketua DPLN PPP Perwakilan Malaysia, Zainul juga dikenal sebagai Ketua Persaudaraan Masyarakat Bangka Belitung di Malaysia (Permaba) dan telah banyak membantu WNI/PMI yang tertimpa masalah.

“Selain sudah lama berkecimpung dalam aktivitas membantu WNI/PMI yang tertimpa masalah, saya dulu juga pernah jadi PMI meskipun kerja sebagai asisten lawyer. Jadi, sedikit bayak saya tahu dan pernah merasakan suka duka menjadi PMI. Insya Allah saya siap memperjuangkan nasib mereka,” pungkasnya.




(FK/FK, 24/07)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
jambore keluarga migran 2018
ATC Cargo
psstki