Berita > Seputar TKI
SBMI Apresiasi Buku Gagasan Cak Imin untuk Perlindungan PMI
22 Jul 2018 03:52:40 WIB | Juwarih | dibaca 669
Ket: Ketua Umum SBMI, Hariyanto, bersama Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar saat Launching Buku di kantor DPP PKB di Jalan Raden Saleh, Jakarta, pada Sabtu 21Juli2018
Foto: SBMI
Jakarta, LiputanBMI - Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) mengapresiasi atas dilaunchingkannya buku yang berjudul 'Gagasan Cak Imin untuk Perlindungan Pekerja Migran Indonesia' oleh Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) di Jalan Raden Saleh, Jakarta, pada Sabtu (21/7/2018).

Buku yang ditulis oleh mantan ketua umum SBMI dan Garda BMI, almarhum Miftah Farid tersebut menceritakan pengalaman Muhaimin Iskandar dalam memberikan pelayanan perlindungan kepada PMI pada saat menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi di era Presiden Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Kami mengapresiasi atas diterbitkannya buku yang berjudul 'Gagasan Cak Imin untuk Perlindungan Pekerja Migran Indonesia' yang ditulis oleh mantan ketua umum organisasi kami dua periode," ucap Ketua Umum SBMI, Hariyanto, kepada LiputanBMI, di Jakarta.

Hariyanto yang hadir sebagai pembicara dalam launching buku tersebut menceritakan bahwa
secara konten isi buku 'Gagasan Cak Imin untuk Perlindungan Pekerja Migran Indonesia' ini banyak mengulas permasalahan buruh migran khusunya di Malaysia dan Arab Saudi.

"Selain mengulas masalah buruh migran isi dalam konten buku tersebut juga bisa dijadikan panduan bagi pegiat buruh migran, karena isinya lebih banyak mengulas tata cara penanganna kasus," kata Ketua Umum SBMI periode 2015 - 2019.

Menurut Hariyanto, buku ini sangat penting untuk dibaca oleh para pegiat maupun PMI itu sendiri karena selain berlatar belakang kisah pengalaman hidup seseorang dalam menangani permasalahan PMI yang dianalisia kemudian dimasukan ke dalam sebuah perubahan kebijakan.

"Di dalam buku tersebut terdapat panduan tata cara mendata kasus, cara menulis kronologis, serta banyak informasi terkait PMI. Sehingga saya rasa buku ini sangat penting untuk kita baca," tutur Hariyanto.

Hariyanto melanjutkan, ada hal yang sangat menarik dalam acara launching buku yaitu ketika Cak Imin memberikan kata sambutan, ketua Umum PKB tersebut menceritakan pengalamannya dalam memperjuangkan isu PMI sejak ketika di legislatif sampai eksekutif.

"Cak Imin menggeluti isu PMI sejak menjadi anggota legislatif, di DPR RI ia bahkan terlibat aktif dalam pembahasan dan pengesahan UU No.39/2004 tentang PPTKILN. Kemudian dilanjutkan menjadi menteri tenaga kerja artinya komitmen untuk melindungi PMI sudah tidak diragukan lagi," tutupnya.
(JWR/IYD, 22/07)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki