Berita > Seputar TKI
Sakit dan Tidak Dirawat, Seorang PMI Meninggal di Arab Saudi
16 Jul 2018 00:36:07 WIB | Iyad Wirayuda | dibaca 2801
Ket: Siti Nurlela (kiri), Almarhumah Ela (kanan)
Foto: doc fb
Riyadh, LiputanBMI - Seorang pekerja migran Indonesia (PMI) di Riyadh, Arab Saudi dilaporkan meninggal dunia di sebuah penampungan Sarikah. Kabar duka tersebut dikabarkan Siti Nurlela dalam sebuah video berdurasi 03:15 menit yang diunggah oleh akun Facebook Lovely, Sabtu (14/07/2018).

Dalam video tersebut alhamrhumah diketahui bernama Ela, bekerja pada Sarikah Arco tetapi tidak dijelaskan identitas lengkap dan kapan meninggalnya. Siti Nurlela menuturkan bahwa almarhumah awalnya sakit, namun pihak Sarikah Arco maupun pihak pengguna jasa tidak mau membawanya ke rumah sakit hingga akhirnya Ela meninggal dunia.

"Selamat siang buat Bapak KBRI yang terhormat. Saya mau minta tolong keadilannya. Di sini ada teman saya yang meninggal yang awalnya sakit. Berhubung kurang obat dan penanganannya, Madam (majikan perempuan, Red) susah kalau kita minta dibawa ke rumah sakit itu susah. Maka saya tolong minta doanya kepada semuanya supaya dilancarkan apa yang kita ajukan ke si madam," ujarnya.

Siti Nurlela juga menjelaskan bahwa alhamrhumah belum mendapatkan hak gajinya selama 11 bulan. Dia juga berharap jenazah dapat segera dikirimkan ke Indonesia.

"Mudah-mudahan jenazah Ibu Ela dapat segera dibawa ke Indonesia dan kelurga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan keridhoan hati. Dan kepada PT M tolong tanggung jawab anak buahnya di sini banyak yang gajinya tidak keluar" ungkapnya.

"Kita di sini lagi diskusi semuanya bagaimana caranya agar semua haknya Bu Ela keluar, gaji 11 bulan asuransi dan lain-lainnya. Saya Siti Nurlela dari anak Arco minta tolong sebesarnya-besarnya agar cepat diurus," tandasnya.

Sementara itu Koordinator Perlindungan Warga (KPW) KBRI Riyadh, R.A Arief saat dikonfirmasi LiputanBMI, Minggu (15/7/2018), mengatakan pihaknya telah menelusuri informasi tersebut dengan menghubungi Sarikah Arco.

"Setelah kita telusuri memang betul Jumat kemarin ada PMI yang meninggal. Pihak Sarikah Arco akan datang ke KBRI Riyadh untuk pertanggungjawaban hak almarhumah," terangnya.
(IYD/IYD, 16/07)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
jambore keluarga migran 2018
ATC Cargo
psstki