Berita > Seputar TKI
Konsen Terhadap Trafficking, Maizidah Salas Dapat Penghargaan dari Pemerintah Amerika Serikat
29 Jun 2018 19:29:19 WIB | Juwarih | dibaca 1023
Ket: Sebelah kiri Menteri Luar Negeri AS, Michael R. Pompeo, tengah Maizidah Salas, Kanan Dewan Penasehat Presiden AS tentang perdangan orang yang juga Putri dari Presiden Donald Trump, Ivanka Trump, dalam forum Trafficking In Person (TIP) Report Heroes 2018
Foto: SBMI Wonosobo
Nasional, LiputanBMI - Maizidah Salas, mantan pekerja migran Indonesia dan juga Ketua Serikat Buruh Migran (SBMI) Cabang Wonosobo, salah satu dari 10 pejuang anti human trafficking seluruh dunia yang mendapat penghargaan tertinggi dari pemerintah Amerika Serikat.

Penyerahan penghargaan diberikan melalui Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Michael R. Pompeo, dengan didampingi Dewan Penasehat Presiden tentang perdangan orang yang juga Putri dari Presiden Donald Trump, Ivanka Trump, dalam forum Trafficking In Person (TIP) Report Heroes 2018. di kantor Departement Luar Negeri AS, di Washington DC, pada Kamis (28/6/2018).

Turut hadir dalam forum TIP Report Heroes 2018 yang di selenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat yaitu beberapa anggota Senator, Media Masa, para Dubes, NGO Internasioal, dan sejumlah Menteri dari pemerintahan Donald Trump.

"Alhamdulillah hari ini saya adalah salah satu dari 10 penerima penghargaan dari 10 negara yang terpilih menerima penghargaan tertinggi dalam upaya pencegahan dan penanggulangan korban trafficking dari Pemerintah Amerika Serikat, ucap ketua SBMI Wonosobo, Maizidah Salas, kepada LiputanBMI melalui pesan seluler, pada Jumat (29/6).

Aktor Perempuan dalam film "Impian Negeri Berkabut" tersebut mungukapkan kegembiraan dan juga kebanggaannya setelah terpilih mewakili Indonesia di kancah internasional yang mendapat penghargaan dari pemerintah Amerika Serikat sebagai pejuang yang berani melawan perdagangan manusia.

"Saya bangga bisa mewakili Indonesia di mata internasional yang berkomitmen dalam melawan perdagangan manusia. Penghargaan ini menurut saya amanah yang cukup berat dan akan saya jadikan cambuk semangat untuk berbuat lebih besar lagi dalam memerangi human trafficking di Indonesia," pungkasnya.

Dalam forum TIP Report Heroes 2018 ke-18 ini, Pemerintah Amerika Serikat melalui Kementerian Luar Negeri memberikan penghargaan kepada 10 orang pejuang anti human trafficking di seluruh dunia.

Ada pun nama-nama pejuang anti trafficking yang terpilih mendapatkan penghargaan dari pemerintah Amerika sebagaimana dilansir situs resmi Kemlu AS, selain Maizidah Salas, yaitu; Ausamah AlAbsi dari Bahrain, Josue Ango dari Burkina Faso, Francisca Awah Mbuli dari Kamerun, Yanira Violeta Olivares Pineda dari El Salvador, Sunita Danuwar dari Nepal, Blessing Okoedion dari Nigeria, Ivana Radovic dari Serbia, Kim Jong-chul dari Korea Selatan, dan yang terakhir Dr. Yosief Abrham Mehari dari Sudan.
(JWR/IYD, 29/06)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki