Berita > Seputar TKI
Imigrasi Malaysia Berhasil Tangkap Warga Banglades Pembuat Paspor dan Permit Palsu
28 Jun 2018 22:31:21 WIB | Figo Kurniawan | dibaca 1492
Ket: paspor palsu banglades yang disita JIM
Foto: FP JIM
Kuala Lumpur, LiputanBMI - Departemen Imigrasi Malaysia (JIM) berhasil menumpas sindikat pembuat paspor palsu yang didalangi seorang warga Banglades dalam penggerebekan di sebuah apartemen di Desa Tun Razak, Selangor, Rabu (27/6).

Dalam siaran pers JIM, Kamis (28/7) disebutkan, selain pakar membuat paspor palsu Banglades dan Pakistan, lelaki berusia 41 tahun itu juga pakar membuat paspor palsu Indonesia.

Selain itu, warga Banglades tersebut juga pakar membuat stiker Pas Lawatan Kerja Sementara (PLKS) atau permit kerja palsu dan kartu CIDB palsu.

Tersangka juga pakar memodifikasi paspor yang sudah habis masa berlaku atau paspor orang lain sesuai dengan pesanan pelanggan.

Paspor palsu tersebut dijual seharga RM 300 hingga RM 500, sedangkan stiker permit palsu dijual antara RM 150 hingga RM 200. Sementara kartu CIDB palsu dijual seharga RM 30 hingga RM 50.

Berdasarkan penyidikan JIM, aktivitas pemalsuan dokumen ini sudah berlangsung sekitar dua atau tiga tahun dengan keuntungan diperkirakan sekitar RM 50 – 80 ribu (sekitar Rp 150 – 250 juta).

Imigrasi Malaysia memandang serius persoalan ini karena dianggap bisa mengancam kedaulatan dan keselamatan negara sehingga pelaku dan sindikatnya akan dikenakan tindakan tegas sesuai undang-undang yang berlaku.

(FK/FK, 28/06)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
jambore keluarga migran 2018
ATC Cargo
psstki