Berita > Seputar TKI
NTT Kembali Dapat Kiriman Tiga Jenazah PMI dari Malaysia
24 Jun 2018 18:08:34 WIB | Figo Kurniawan | dibaca 1258
Ket: Maria Hingi ketika ikut menjemput jenazah ke Bandara Kupang
Foto: SBMI NTT
Nasional, LiputanBMI - Jumlah Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Nusa Tenggara Timur (NTT) yang meninggal dunia di luar negeri terus bertambah setelah mendapat kiriman tiga lagi jenazah dari Malaysia. Ketiga jenazah PMI yang meninggal di Malaysia itu tiba di Bandara Kupang, Jumat (22/6).

Dengan tambahan tiga jenazah tersebut, jumlah PMI asal NTT yang meninggal di luar negeri dalam kurun waktu Januari hinga 22 Juni 2018 sebanyak 43 orang.

Menurut keterangan Ketua SBMI NTT, Maria Hingi, tiga jenazah tersebut yakni Laurensius Raja asal Kabupaten Ende, Rosana Mite asal Kabupaten Ngada, dan Martha Mbatu asal Kabuaten Kupang.

"Jenazah Lourensius Raja dan Rosana Mite hari ini diterbangkan dari Kupang dengan pesawat ke Maumere, setelah itu diantar ke kampung halaman masing-masing menggunakan ambulance,” kata Maria melalui sambungan telepon, Minggu (24/6).

Berdasarkan dokumen penghantaran jenazah, kata Maria, (alm) Lourensius Raja meniggal di Selangor pada 16 Juni dengan penyebab kematian carebral vascular accident, sedangkan penyebab kematian (almh) Rosanna Mite adalah hemorhagedue.

“Dengan begitu banyaknya PMI asal NTT yang meninggal dunia di luar negeri, ini sebenarnya sudah menjadi masalah nasional. Pemerintah RI harus secara serius memperhatikan masalah ini,” katanya.

Saat ini, menurut Maria, ada banyak warga NTT bekerja di Malaysia dan pada umumnya mereka berstatus undocomented.

“Ini sangat susah karena mereka pada umumnya berangkat secara unprosedural dan menjadi undocumented. Mereka mau pulang pun tidak tahu caranya kecuali dideportasi, atau kalau tidak pulang sendiri, ya tunggu jadi jenazah baru bisa dipulangkan,” pungkasnya.

(FK/FK, 24/06)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
jambore keluarga migran 2018
ATC Cargo
psstki