Berita > Opini
Pentingnya Kesadaran Diri Dalam Menjaga Kebersihan
22 Jun 2018 11:53:58 WIB | Yully Agyl | dibaca 625
Ket: Sampah yang berserakan setelah perayaan Idul Fitri
Foto: Facebook
Taichung, LiputanBMI -
17 Juni, hari Minggu lalu adalah puncak lebaran bagi perantau dimanapun berada. Tak terkecuali di Taiwan. Taman, terminal, bahkan emperan toko menjadi tempat berkumpulnya mereka.

Sayangnya, kemeriahan Idul Fitri harus dihiasi dengan sampah berserakan. Kurangnya kesadaran diri akan kebersihan membuat banyak dari mereka mengabaikan pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Padahal lebaran-lebaran sebelumnya pemerintah Taiwan memberi peringatan agar tidak sembarangan menbuang sampah. Banyak pula dari sesama pekerja migran saling mengingatkan agar menjaga kebersihan, sebab kita menumpang di Taiwan. Maka sudah sepantasnya menjaga perilaku dan menghargai peraturan.

Ketika warga dan pemerintah Taiwan menghormati agama kita dengan membolehkannya acara-acara keagamaan, acara Idul Fitri dan lainnya diselenggarakan, kita membalasnya dengan mengotori tanah mereka, tempat mereka. Tanpa rasa malu. Kadang melanggar aturan yang ditetapkan.

Seharusnya kita sebagai tamu menyadari untuk menghormati tuan rumah. Juga kesadaran pada diri untuk selalu membawa kantong plastik apabila bepergian sehingga ketika punya sampah dan belum menemukan tong sampah, maka bisa disimpan dulu dalam kantong plastik.

Kebiasaan ini jika terus dilakukan akan berdampak pada kebersihan diri, lingkungan dan nama baik negara. Nantinya akan terbawa di keseharian sampai pulang kampung. Sebab seringnya ulah yang dibuat oleh pekerja yang berlibur dan tak bertanggung jawab, akan semakin banyak orang Taiwan yang mengatakan kita, orang Indonesia tidak punya adab.

Masalah sampah yang berserakan seperti saat itu, bukan hanya terjadi di Taiwan tetapi di Malaysia juga.

Semoga kedepannya kita akan semakin mencintai kebersihan. Tumbuhkan dari diri sendiri pasti hal positive akan berdampak baik pada sekitar.


Penulis: Uci Zahra (PMI di Taiwan)
(YLA/YLA, 22/06)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki