Berita > Seputar TKI
Tradisi Bukber PMI di Arab Saudi
21 May 2018 19:44:56 WIB | Iyad Wirayuda | dibaca 1125
Ket: Bukber puasa di Arab Saudi
Foto: LBMI
Jeddah, LiputanBMI - Buka bersama (bukber) merupakan hal yang indah dilakukan di bulan suci Ramadan. Buka puasa bersama dengan teman seolah pengganti kehangatan keluarga bagi seorang pekerja migran Indonesia (PMI) di tanah rantau.

Suasana itulah yang terlihat di setiap masjid di Arab Saudi menjelang adzan magrib. Puluhan pekerja dari berbagai negara, termasuk PMI terlihat duduk berkumpul di pelataran masjid menanti kumandang adzan untuk berbuka puasa bersama.

Selama bulan Ramadan, seluruh masjid di Arab Saudi menyediakan buka bersama gratis bagi para ekspatriat/pekerja asing. Kurma, laban, jus, buah-buahan dan nasi ayam menjadi sajian menu berbuka.

Seorang PMI di Jeddah Daryono mengatakan, buka puasa di masjid menjadi pilihan karena selain gratis juga menjadi ajang silaturahmi dengan para ekspatriat.

"Dari pada buka puasa di kamar sendirian, mending buka di masjid banyak orang. Selain itu juga menghemat uang belanja," tuturnya saat ditemui buka bersama di Masjid Al Aziz, distrik Muhammadiyah, Minggu (20/5/2018).

Terpisah, Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Jeddah juga melakukan buka puasa bersama dengan para PMI yang rutin dilakukan di akhir pekan.

Buka puasa perdana dilakukan pada Kamis (17/5/2018) di Balai Nusantara Wisma Konsul Jenderal yang dihadiri tak kurang dari tiga ratus orang.

Konjen RI Jeddah, Mohamad Hery Saripudin berharap agar forum bukber menjadi ajang untuk bersilaturrhami yang dapat meningkatkan kualitas hubungan sosial antarsesama warga  Indonesia di rantau.

"Ini momen keagamaan yang paling ideal untuk memperkuat tali silaturrahmi antar anggota masyarakat di wilayah KJRI Jeddah. Dan Acara ini merupakan bagian dari paket kegiatan selama Ramadan hingga salat Idul Fitri nanti," ucap Konjen sebagaimana keterangan tertulis yang diterima LiputanBMI. 

Selama bulan Ramadan, KJRI Jeddah telah membentuk panitia khusus menyambut bulan Ramadan untuk menyiapkan segala keperluan acara bukber.

Selain itu pada Ramadan tahun ini KJRI tidak saja menghadirkan penceramah lokal, melainkan juga mengundang penceramah kenamaan dari Tanah Air seperti Syekh Ali Jaber, Dr. Fadlil Yani Ainusyamsi, dosen Universitas Islam Negeri Gunung Djati Bandung, dan KH. Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus).

Tahun ini rencananya akan digelar shalat Idul Fitri bersama masyarakat di halaman Balai Nusantara dan sekitarnya yang tiga tahun belakangan ini diikuti tak kurang dari 2 ribu jemaah.
 

(IYD/IYD, 21/05)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
jambore keluarga migran 2018
ATC Cargo
psstki