Berita > Seputar TKI
Stroke di Malaysia, Nenek 60 Tahun Asal Ponorogo Butuh Bantuan Bayar Biaya RS
04 May 2018 18:43:52 WIB | Figo Kurniawan | dibaca 3578
Ket: Yanti yang tengah terbaring di RS
Foto: KOWIKACU
Johor Bahru, LiputanBMI - Seorang nenek berusia 60 tahun asal Desa Semanding, Kecamatan Jenangan, Ponorogo, Jawa Timur yang diketahui bernama Yanti dilaporkan sedang dirawat di Hospital Sultanah Aminah, Johor sejak 25 April 2018 lalu karena penyakit stroke.

Menurut keterangan pengurus Komunitas Wanita Indonesia Kawin Campur (KOWIKACU) Johor yang mendapat laporan dari anggotanya pada 27 April, Yanti sebenarnya ingin pulang ke kampung halamannya dan melanjutkan perawatan di rumah sakit Indonesia.

Namun, kendala yang dihadapi adalah soal tanggungan biaya rumah sakit. Di Malaysia, Yanti tidak punya sanak saudara, sehingga tidak ada pihak atau seseorang yang bertanggung jawab atas biaya rumah sakit.

“Ketika itu, kami tim KOWIKACU langsung bertindak dengan cara membuat laporan secara online ke KJRI Johor Bahru. Dilanjutkan keesokan harinya tim kami mendatangi KJRI dan menyerahkan berkas-berkas dengan tujuan agar KJRI bisa turun tangan membantu, baik dari segi biaya rumah sakit maupun proses pemulangan Bu Yanti,” kata salah satu pengurus KOWIKACU, Ummai Umairoh kepada LiputanBMI, Kamis (3/4)

Akan tetapi, lanjut Ummai, pihak KJRI Johor mengatakan tidak bisa bertanggung jawab atas biaya rumah sakit karena memang tidak ada anggaran dana untuk itu dan pihak KJRI hanya bisa membantu dari segi pemulangan saja.

Karena jawaban KJRI seperti itu, kata Ummai, KOWIKACU langsung melakukan penggalangan dana untuk biaya rumah sakit Yanti, tetapi masih kurang.

"Hingga tanggal 3 Mei 2018, biaya rumah sakit mencapai RM 2948. Sementara kami baru bisa menggalang dana sebesar RM 2170. Agar bisa dipulangkan, kita harus bereskan dulu biaya rumah sakit. Tentunya kita masih butuh biaya untuk beberapa hari lagi hingga proses pemulangan yang katanya akan dibantu oleh KJRI Johor," katanya.

Oleh karena itu, Ummai berharap kepada masyarakat di mana pun berada untuk membantu penggalangan dana agar Yanti bisa dikeluarkan dari rumah sakit dan bisa segera dipulangkan.

“Bagi sesiapa yang berkenan membantu mohon menghubungi tim pengurus KOWIKACU atau bisa langsung transfer ke nomor rekening MayBank 101013372278 atas nama Iin Ustaviah. Jika telah berhasil melakukan transaksi, mohon untuk mengirim bukti resit ke nomor WA +60 14-690 5442,” jelas Ummai.
(FK/FK, 04/05)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
jambore keluarga migran 2018
ATC Cargo
psstki