Berita > Seputar TKI
Perpanjangan Kontrak Tanpa Pulang dan Pendaftaran BPJS TKI di Taiwan Bisa Sekaligus Secara Online
02 May 2018 17:39:43 WIB | Yully Agyl | dibaca 1894
Ket: Launching pendaftaran BPJS TKI online di Taiwan
Foto: Save PMI Taiwan
Taipei, LiputanBMI - Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei Taiwan launching sistem perpanjangan kontrak tanpa pulang dan pendaftaran BPJS secara online pada Selasa, 1 Mei 2018. 

Dalam kesempatan yang bertepatan dengan Hari buruh Internasional tersebut, bagi para pekerja migran Indonesia (PMI) yang telah memperpanjang kontrak tanpa pulang tetapi belum terdaftar BPJS,  bisa mendaftar dengan mengisi formulir secara online dan melengkapi persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan.


Launching dilaksanakan di ruang Aula KDEI Taipei Lt. 6 mulai pukul 14.00  waktu Taiwan dan dihadiri oleh perwakilan perbankan Indonesia yang ada di Taiwan, perwakilan organisasi PMI, mahasiswa, pers serta homestaff/local staf KDEI Taipei. 


Sistem online ini adalah salah satu upaya KDEI untuk memudahkan pelayanan bagi para PMI, majikan, maupun agency (jika proses perpanjangan dengan bantuan agen). Untuk pembayaran bisa dilakukan di bank di Indonesia yang diwakilkan kepada keluarga di rumah dengan menunjukkan ID Billing atau dengan menggunakan Aplikasi BNI Mobile Banking serta  Aplikasi Internet Banking BNI / BRI. 


Selama ini, masalah BPJS TKI sering kali menjadi kendala bagi PMI di Taiwan yang ingin cuti setelah perpanjangan kontrak tanpa pulang. 

Karena keterbatasan waktu cuti dan persyaratan yang banyak membuat PMI kadang memutuskan tidak cuti hingga habis kontrak kerja mereka.


Dengan  sistem ini bagi PMI yang  cuti setelah perpanjangan kontrak tidak perlu lagi mendatangi kantor BP3TKI/LP3TKI/P4TKI untuk pendataan / pengurusan asuransi karena semuanya sudah dilakukan terpadu di Taiwan. PMI tinggal mengurus re-entry permit saja di Imigrasi Taiwan dan jadi lebih banyak waktu untuk berkumpul bersama keluarga di Indonesia.
(YLA/YLA, 02/05)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki