Berita > Ekosospol
Ikhtiar KJRI Jeddah Memajukan Pendidikan Anak-Anak WNI di Arab Saudi
25 Apr 2018 02:32:53 WIB | Iyad Wirayuda | dibaca 555
Ket: Konjen Hery saat memberikan kuliah umum di hadapan mahasiswa HI UPN Yogyakarta
Foto: KJRI Jeddah
Jeddah, LiputanBMI - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah secara konsisten menindaklanjuti berbagai rintisan kerja sama di bidang pendidikan dengan sejumlah perguruan tinggi dalam rangka memajukan pendidikan bagi kalangan anak-anak WNI di wilayah kerjanya.  Dalam beberapa bulan terakhir KJRI Jeddah telah merintis kerja sama dengan sejumlah universitas di Tanah Air, antara lain Universitas Negeri Semarang (UNNES), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Padjadjaran Bandung dan penjajakan dengan  Universitas Brawijaya, Malang.
 
Buah dari kerja sama tersebut dibuktikan dengan kunjungan dari beberapa rektor dari universitas tersebut ke Arab Saudi, khususnya wilayah kerja KJRI Jeddah. Di sela-sela kunjungan, para rektor tersebut menyempatkan diri berdialog dengan para siswa Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ) dan Sekolah Indonesia Makkah (SIM) yang umumnya adalah anak-anak dari para pekerja migran Indonesia (PMI) informal yang tinggal di Arab Saudi.
 
Kehadiran orang-orang nomor satu di beberapa perguruan tinggi terkemuka itu menjadi pelecut semangat bagi para siswa yang lahir di Arab Saudi yang sebagian belum pernah melihat rupa elok Ibu Pertiwi karena belum pernah menengok kampung halaman orang tua mereka. Para rektor itu memberikan motivasi kepada para siswa, membesarkan hati mereka agar tidak merasa rendah diri karena status orang tua mereka sebagai pekerja migran, menyulutkan semangat mereka agar gigih mengejar impian masa depan yang dicita-citakan.
 
UNNES, misalnya, memboyong sejumlah  guru besar dan praktisi pendidikan. Di sela-sela kunjungan kerja di Arab Saudi, mereka menyempatkan diri berbagi keahlian mengajar dengan menggelar workshop bagi para guru dari SIJ dan SIM seputar pembelajaran berbasis kurikulum 2013. Sementara itu, sang Rektor berbagi wawasan dengan para mukimin dalam bentuk kuliah umum yang dihelat di lobi utama KJRI Jeddah.
 
UNY melangkah lebih jauh dengan mengirimkan seorang narasumber bidang pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) untuk memberikan pelatihan kepada para calon pengajar program BIPA di KJRI yang jumlah pesertanya dari tahun ke tahun melonjak tajam.
 
Hasil manis dari rintisan kerja sama KJRI Jeddah-UNY adalah berita gembira diterimanya sebanyak 6 (enam) orang siswa tahun ini, lima  dari SIJ dan satu dari SIM melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).  Berikut nama-nama mereka dan jurusan yang dipilih:
dari Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ)
1.       Mirna (ilmu komunikasi)
2.       Abdurrahman Ismail Moh. Honim (pendidikan teknik mesin)
3.       Siriam (Bahasa dan sastra inggris)
4.       Gemintang Ratu Triadi (bimbingan dan konseling)
5.       Fikria Rozi (pendidikan matematika)
 
Sedangkan dari Sekolah Indonesia Makkah (SIM)
6.       Faisol (manajemen)
 
Konsul Jenderal (Konjen) RI Jeddah Mohamad Hery Saripudin menegaskan,  pendidikan bagi anak-anak para PMI di Arab Saudi dapat memutus mata rantai keterbelakangan ekonomi dan kebodohan. Pendidikan merupakan sarana untuk meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik bagi peserta didik sehingga nasib kurang beruntung dari orang tua  tidak terulang ke anak-anak mereka.
 
"Inilah salah satu makna kehadiran negara bagi WNI di luar, bukan saja perlindungan dan pengayoman bagi pekerja migran kita, tapi juga kehadiran negara dalam menyediakan pelayanan pendidikan terbaik baik bagi putra-putri WNI kita di luar negeri," ucap Konjen dalam keterangan tertulis yang diterima LiputanBMI, Selasa (24/4/2018).
 
Oleh sebab itu, di sela-sela kunjungan kerjanya ke Yogyakarta, 17-18 April 2018  dalam rangka memenuhi undangan dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk memberikan orasi ilmiah pada Rapat Senat Terbuka Laporan Tahunan Rektor & Pidato Milad ke-37 tahun 2018 dan menyampaikan kuliah umum di hadapan para mahasiswa jurusan HI UPN "Veteran", Konjen menyempatkan diri melakukan kunjungan kehormatan kepada Rektor UNY Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd beserta para kepala bagian dan pimpinan fakultas.
 
Di hadapan Rektor UNY dan jajarannya, Konjen menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas komitmen afirmatif UNY-KJRI Jeddah dalam memberikan kemudahan akses masuk bagi siswa SIJ dan SIM melalui jalur prestasi dan keistimewaan bakat dan minat.
 
Selain itu, Konjen mendapatkan kerhormatan untuk menyampaikan pandangan dan update seputar arah kebijakan pemerintah Arab Saudi dalam rapat optimalisasi kerja sama KJRI Jeddah-UNY yang dimpimpin langsung oleh rektor dan dihadiri para kepala bagian univeritas tersebut.
(IYD/IYD, 25/04)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
jambore keluarga migran 2018
ATC Cargo
psstki